Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

“Yellow Box Juction” Jadi Simbol Tertib Lalu Lintas

Rabu, April 13th 2016.

Jakarta,KompasOtomotif – Masalah kemacetan dan timbulnya kecelakaan di jalan, salah sesuatu faktornya merupakan tak disiplinnya pengendara. Bahkan, banyak pengendara yg masih belum paham aturan di jalan.

Yanto Herlambang, Kordinator Task Force Road Safety Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengatakan, IMI melalui Program Yellow Box, mulai mengkampanyekan tertib berkendara di jalan. Mengapa Yellow Box, karena marka ini mampu jadi simbol, buat melihat buruk atau tidaknya keadaan dahulu lintas.

Yellow box junction adalah panggung kami (pengendara) bersosialisasi, karena posisinya ada di simpang jalan. Di sini karakter dan kesabaran pengendara diperlihatkan. Indonesia masih sangat buruk tentang ini,” ujar Yanto kepada KompasOtomotif, Senin (11/4/2016).

Yanto melanjutkan, usaha yg dikerjakan pemerintah melalui Korlantas maupun Dishub juga tak dikerjakan baik. Padahal ini penting, buat kelancaran dulu lintas dan keselamatan berkendara.

“Saat yellow box dilanggar, maka ada arus dahulu lintas mulai terkunci, kalau telah begitu cuma macet yg mulai dirasakan. Apalagi seandainya tak pula ada Polisi. Jika yellow box dipatuhi pengendara, dapat jadi keadaan dulu lintas Indonesia semakin baik,” ujar Yanto.

Yellow Box Juntion (kotak kuning simpangan) yaitu marka jalan yg berfungsi. mencegah arus dahulu lintas di persimpangan terkunci. Ini yaitu garis pembatas yg tak boleh dilalui kendaraan, ketika kendaraan dari salah sesuatu jalur yg mendapat giliran jalan belum bersih dari “kotak kuning”, walaupun pengendara yang lain telah lampu hijau tanda jalan.

Menurut pasal 287 ayat 2 juncto Pasal 106 ayat 4 huruf a,b, pada undang-undang nomor 22 tahun 2009, menyatakan mulai mendapatkan hukuman pidana beberapa bulan penjara atau denda Rp 500.000.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article “Yellow Box Juction” Jadi Simbol Tertib Lalu Lintas

Minggu 10 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Lucu, memang ada-ada saja tingkah pengendara. Meski demikian, tingkah aneh dan lucu para pengendara ini dapat juga berguna lho. Bahkan dapat menjadi solusi. Seperti video…

Minggu 22 November 2015 | Berita Otomotif

Sofia -Seorang insinyur di perusahaan modifikator yang berasal Bulgaria, Vromos, mengubah pikap Toyota Hilux menjadi pikap dengan enam roda layaknya Mercedes-Benz G63 AMG 6×6. Kabin pun…

Jumat 25 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Honda Motordi Amerika Serikat kembali menarik 127.000 unit Honda CR-V tahun 2003 dan 2004 karena memakai airbag Takata yg bermasalah. Sebelumnya, pabrikan ini sudah menarik…