Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Wejangan Menperin Kepada Esemka

Minggu, Maret 20th 2016.


Jakarta, KompasOtomotif
– PT Adiputra Citra Esemka (ACE) berniat mendirikan pabrik baru buat perakitan di Boyolali, Jawa Tengah, diresmikan Juni 2016. Sebagai pemain baru di industri otomotif nasional, Menteri Perindustrian Saleh Husin memberikan wejangan khusus, menyangkut produk yg diproduksi nanti menyandang merek mobil nasional.

“Siapapun yg mau masuk investasi industri otomotif di Indonesia, membangun industri (otomotif), harus mengatahui dengan pasti, ini padat modal dan padat teknologi,” kata Menperin kepada KompasOtomotif, Selasa (15/3/2016).

Ada dua hal yg perlu diperhatikan Esemka seandainya mau berhasil bersaing di bisnis otomotif nasional, kata Menperin. Menurut pria berkacama minus ini, sebagai pemain baru Esemka wajib melakukan survei mendasar, terkait segmen pasar yg mau disasar nanti.

“Harus betul-betul tahu apa yg dapat jadi daya tarik di pasar. Termasuk yg wajib dipersiapkan adalah layanan purna jual buat konsumen. Sehingga saat nanti telah diproduksi massal, mampu menikmati layanan purna jualnya,” ucap Saleh Husin.

Mobil Pedesaan

Bicara kesempatan pasar, Menteri Saleh Husin mengatakan, kesempatan yg besar untuk Esemka bagi bersaing di pasar otomotif Tanah Air, adalah dengan menyasar ke segmen baru. Segmen di mana belum banyak atau tak ada merek asing yg mengisinya.

“Kami mendengar dan sekaligus ikut menyarankan, mereka berniat memproduksi kendaraan angkutan pedesaan. Tapi sekali lagi, keputusan menyangkut strategi bisnis ini ditentukan oleh investor, tergantung mereka nantinya mau meproduksi apa,” kata Menperin.

Dari penelusuran KompasOtomotif, sampai ketika ini telah ada tiga model yg tengah disiapkan Esemka buat diproduksi, pertama sport utility vehicle (SUV) menengah, mikrobus, dan pikap. Bahkan, kabarnya, SUV Esemka ini lagi menjalani proses uji tipe di kementerian terkait.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Geliat Mobil Merek Nasional Esemka

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Wejangan Menperin Kepada Esemka

Selasa 5 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Banderol resmi All-New Fortuner di Indonesia memang masih ditutup rapat-rapat oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) sebelum resmi diluncurkan, 22 Januari mendatang.…

Senin 7 Maret 2016 | Berita Otomotif

Dubai, KompasOtomotif – Banyak yg meragukan kalau Ken Block (48) masih bisa membuat penonton kagum. Kini, pereli yang berasal Amerika Serikat itu menjawab tantangan ini…

Jumat 5 Februari 2016 | Berita Otomotif

Sejak tanggal 1 Februari 2016 lalu, Mercedes-Benz Indonesia sudah resmi menunjuk Kariyanto Hardjosoemarto sebagai Deputy Director Sales Operation Mercedes-Benz Passenger Cars and Network Development. Pria…