Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Walikota Genoa Larang Vespa Tua Melintas, 20 Ribu Skuteris Marah

Selasa, Januari 19th 2016.

Genoa -Walikota Genoa, Italia, menerbitkan aturan yg berisi larangan skuter Vespa buatan sebelum tahun 1999 melintasi jalanan kota akan dari hari Senin hingga Jumat. Larangan itu segera menyulut kemarahan pengguna skuter legendaris yg juga lahir di kota itu.

Seperti dilaporkan The Telegraph, Selasa (19/1/2016), alasan Marco Doria, sang walikota, membuat aturan itu karena ingin mengurangi tingkat polusi. Namun, alasan ini tidak dapat diterima para pengguna Vespa di kota itu yg berjumlah sekitar 20.000 orang.

Protes pun mereka layangkan, salah satunya melalui media sosial. Dengan tagar #handsoffmyvespa atau ‘Jangan Sentuh Vespa Saya’, suara protes itu sudah menjadi viral di media sosial.

Maklum, kota Genoa tercatat sebagai kota dengan jumlah Vespa dan kendaraan roda beberapa terbanyak di Italia. Selain itu, Vespa  yg yaitu skuter kesohor di segala dunia dilahirkan di kota tersebut oleh Enrico Piaggio, 70 tahun lalu.

“Ini tak boleh terjadi pada tahun 2016 ini, karena (tahun ini) peringatan 70 tahun kelahiran Vespa (yang dibuat pabrikan) lokal Genoa oleh Enrico Piaggio,” tutur Vittorio Vernazzano dari Vespa Club of Genoa, kepada koran lokal, Corriere della Sera.

“Lahir di Genoa, mati di Genoa.” Begitulah, suara-suara keras yg dilontarkan para pemilik Vespa. Mereka tidak cuma pemilik Vespa tua, tapi juga Vespa baru.

Memang, beleid yg diteken pada Desember dulu itu pelaksanaannya ditunda hingga April, buat memberikan waktu buat pemilik Vespa yg masuk kategori terlarang mencari kendaraan alternatif. Awalnya, larangan melintas untuk Vespa tua pada jam 7:00 hingga 19.00  dari Senin hingga Jumat itu mulai berlaku akan Februari nanti.

Kota yg berada di bagian Timur Laut wilayah Italia itu ketika ini memang menghadapi masalah pelik.  Kabut asap musim dingin, masalah akibat dari cuaca kering, hangat dan berangin, yg silih berganti ditambah asap kendaraan bermotor  dirasa menjadi persoalan yg harus langsung dicari solusinya.

Foto: Vespa
Foto: Rachman Haryanto

(arf/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Walikota Genoa Larang Vespa Tua Melintas, 20 Ribu Skuteris Marah

Rabu 6 Januari 2016 | Berita Otomotif

Houston -Nasib nahas menimpa seorang salesman. Saat tengah test drive dengan seorang konsumen yg ternyata seorang penjahat, dia dipukuli, dikurung di bagasi dan hampir saja mobilnya…

Senin 16 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Musim penghujan akhirnya datang di semua wilayah Ibu Kota. Jika tak antisipatif, curah Hujan yg tinggi mampu merepotkan buat pengguna mobil. Supaya…

Sabtu 2 Januari 2016 | Berita Otomotif

New Delhi -Mulai 1 Januari 2016 kemarin, Ibukota India merupakan New Delhi akan melakukan uji mencoba pembatasan mobil dengan sistem nomor plat ganjil-genap. Hal tersebut dikerjakan…