Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

VW Perkenalkan Microbus Masa Depan BUDD-e

Kamis, Januari 7th 2016.

Las Vegas – Ajang CES 2016 yg berlangsung di Las Vegas, AS, juga diramaikan oleh berbagai produsen otomotif. Salah satunya adalah Volkswagen yg baru saja memperkenalkan mobil konsep anyarnya, VW BUDD-e, di gelaran tahunan tersebut.

VW BUDD-e adalah sebuah mobil listrik berbentuk microbus dengan tampilan yg mengingatkan kami pada sosok VW Kombi yg melegenda.

Saat memperkenalkan mobil ini di hadapan publik CES 2016, kepala brand global VW Herbert Diess menyebutnya sebagai konsep baru buat kendaraan listrik jarak jauh.

VW BUDD-e dilengkapi dengan teknologi yg membuat kendaraan ini ‘pintar’ dan ‘sosial’, dengan interface elektronik baru yg intuitif sekaligus interaktif.

“Handle pintunya 2016 sekali,” umum Diess sembari memperagakan bagaimana model ini merespons perintah verbal atau gerak tubuh.

VW BUDD-e juga mampu berkomunikasi dengan perangkat tersambung di rumah. Anda mampu mengecek dari kenyamanan mobil van Anda ini seandainya masih cukup bir tersisa di kulkas sebelum mengundang teman buat menonton bola bareng.

Model ini juga didasarkan pada platform produksi model masa depan untuk mobil listrik VW dengan baterai yg lebih efisien yg terletak di bawah lantai.

Dengan baterai terisi penuh, VW BUDD-e bisa diajak bekendara sejauh 600 kilometer sebelum dayanya kembali diisi ulang. Waktu pengisian daya baterainya pun berlangsung cepat, cuma butuh waktu 30 menit bagi mengisi 80% tenaga mobil ini.

Meski kelihatan seperti VW Kombi, kekuatan mobil ini cukup besar. Berbekal beberapa motor listrik, tenaga total mobil konsep ini mencapai 302 bhp dengan torsi 487 Nm.

Kekuatan itu pula yg pada akhirnya membuat VW BUDD-e diklaim dapat berakselerasi dari 0-96 km/jam cuma dalam waktu 6,9 detik sebelum mencapai kecepatan tertinggi di angka 150 km/jam.

Dibangun di atas platform baru MEB (modularen elektrisch baukasten – modelar electric drive kit), VW BUDD-e memiliki dimensi panjang 4.597mm, lebar 1.940mm, dan tinggi 1.835mm, dengan wheelbase 3.151 mm.

Desain eksteriornya mengambil banyak inspirasi dari mobil konsep terdahulu, VW Bulli yg pernah diperlihatkan pada 2011 dengan gril besar dan lampu depan sporty. Ada sesuatu kecanggihan yang lain mobil ini yakni aplikasi panel surya besar di atapnya.

Sementara di bagian interior, nuansa canggih juga terasa berkat kehadiran instrumen cluster digital dan layar resulusi tinggi bagi internet dan fitur hiburan. Tiap kursi di dalam mobil ini bergaya layaknya kursi di lounge.

“Kendati ketika ini masih berupa prototipe, BUDD-e dapat menjadi kenyataan sampai akhir dekade ini,” kata Diess yg seakan mengisyaratkan bahwa mobil konsep ini mulai masuk jalur produksi setidaknya di tahun 2020 mendatang.

[ikh]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Mobil Terbaru

Related Article VW Perkenalkan Microbus Masa Depan BUDD-e

Rabu 4 Mei 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Sebuah fenomena yg mengatasnamakan lembaga swadaya masyarakat (LSM) namun salah artikan peran dirinya, dengan mengambil unit kredit macet yg membuat pihak leasing kesulitan mengambil unit…

Sabtu 5 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Ekonomi yg melemah, memang menjadi pukulan telak buat pelaku otomotif di Indonesia. Mungkinkah ini mengganggu pembangunan pabrik Small MPV yg sedang disiapkan Mitsubishi di Indonesia?…

Rabu 4 Mei 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) tegas menyatakan tak ada usaha kartel yg dikerjakan Astra Honda Motor dan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)…