Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Vespa Dilarang Mengaspal Di Kota Kelahirannya

Sabtu, Januari 16th 2016.

Genoa — Vespa lahir di Genoa, tetapi pemerintah kota itu melarang skuter beken itu mengaspan di jalan-jalan tepat pada hari kelahirannya. Publik Genoa marah.

Larangan tak menyeluruh, tetapi cuma pada skuter produksi di bawah 1999. Alasan pemerintah Genoa adalah mengatasi polusi.

Tagar #handsoffmyvespa menjadi virus di media sosial. Pemilik Vespa tahun 1999 ke bawah ngamuk, dan melampiaskan kemarahannya. Tagar itu mengambil slogan; Lahir di Genoa, Mati di Genoa.

Marco Doria, walikota Genoa, menanda-tangani larangan itu Desember 2015 sebagai insiatif anti-kabut asap. Larangan akan berlaku Februasi.

Jika larangan diterapkan, sekitar 20 ribu pengendara roda beberapa itu harus mengandangkan Vespa, yg dalam Bahasa Italia berarti tawon.

Rincinya, Vespa tahun 1999 ke bawah dilarang meluncur di jalan-jalan kota akan pukul 07.00 sampai pukul 17.00.

Pemilik Vespa mendeska pemerintah kota memundurkan pelarangan sampai April 2016, agar warga mampu mendari alternatif transportasi. Jika bisa, larangan itu dibatalkan.

Vittorio Vernazzano, dari Vespa Klub Genova, menyampaikan kepada Corriere della Serra bahwa larangan itu tak boleh terjadi.

“Tahun ini tepat 70 tahun kelahiran Vespa. Larangan itu tak boleh terjadi di Genoa,” kata Vernazzano.

Vespa kali pertama dibuat dan diproduksi tahun 1946 oleh Enrico Piaggio, pengusaha dari Genoa.

Genoa adalah kota dengan sedikit mobil, sama seperti di Venesia. Bedanya, transportasi di Venesia adalah gondola. Di Genoa, transportasi penting masyarakat adalah Vespa.

Italo Porcile, penilai lingkungan, mulai berupaya tak menyerah pada tekanan pemilik Vespa.

“Saya suka Vespino, aku juga menggunakannya,” kata Porcile. “Tapi Euro 0, model yg diproduksi 1999, sangat mencemari udara. Kesehatan masyarakat jauh lebih penting.”

Piaggio memproduksi Vespa usai Perang Dunia II, saat jalan-jalan di sekujur Genoa rusak akibat bom. Setelah itu Piaggio juga memproduksi lokomotif dan pesawat tempur.

Vespa akan terkenal tahun 1953, lewat film Roman Holiday yg dibintangi Audrey Hepburn dan Gregory Peck. Dalam film itu Hepburn dan Peck memakai Vespa mengelilingi kota abadi Genoa.

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Mobil Terbaru

Related Article Vespa Dilarang Mengaspal Di Kota Kelahirannya

Jumat 4 Desember 2015 | Berita Otomotif

Tavuila, KompasOtomotif – Valentino memberikan sinyalemen bakal berlaga di ajang balap yg memakai mobil ketika pensiun dari MotoGP kelak. Pebalap Movistar Yamaha itu mulai beranjak…

Senin 16 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Intensitas curah Hujan di Jabodetabek akhir-akhir ini akan tinggi. Bahkan, di sejumlah daerah telah banyak genangan air yg berpotensi membahayakan pengendara sepeda…

Senin 18 April 2016 | Berita Otomotif

Jerez, KompasOtomotif – Setelah tiga titel juara dunia yg mengesankan, menang di 41 balapan, dan 99 podium bersama, Jorge Lorenzo-Yamaha akhirnya berpisah pada 2016. Sang…