Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Vespa Dilarang Mengaspal Di Kota Kelahirannya

Sabtu, Januari 16th 2016.

Genoa — Vespa lahir di Genoa, tetapi pemerintah kota itu melarang skuter beken itu mengaspan di jalan-jalan tepat pada hari kelahirannya. Publik Genoa marah.

Larangan tak menyeluruh, tetapi cuma pada skuter produksi di bawah 1999. Alasan pemerintah Genoa adalah mengatasi polusi.

Tagar #handsoffmyvespa menjadi virus di media sosial. Pemilik Vespa tahun 1999 ke bawah ngamuk, dan melampiaskan kemarahannya. Tagar itu mengambil slogan; Lahir di Genoa, Mati di Genoa.

Marco Doria, walikota Genoa, menanda-tangani larangan itu Desember 2015 sebagai insiatif anti-kabut asap. Larangan akan berlaku Februasi.

Jika larangan diterapkan, sekitar 20 ribu pengendara roda beberapa itu harus mengandangkan Vespa, yg dalam Bahasa Italia berarti tawon.

Rincinya, Vespa tahun 1999 ke bawah dilarang meluncur di jalan-jalan kota akan pukul 07.00 sampai pukul 17.00.

Pemilik Vespa mendeska pemerintah kota memundurkan pelarangan sampai April 2016, agar warga mampu mendari alternatif transportasi. Jika bisa, larangan itu dibatalkan.

Vittorio Vernazzano, dari Vespa Klub Genova, menyampaikan kepada Corriere della Serra bahwa larangan itu tak boleh terjadi.

“Tahun ini tepat 70 tahun kelahiran Vespa. Larangan itu tak boleh terjadi di Genoa,” kata Vernazzano.

Vespa kali pertama dibuat dan diproduksi tahun 1946 oleh Enrico Piaggio, pengusaha dari Genoa.

Genoa adalah kota dengan sedikit mobil, sama seperti di Venesia. Bedanya, transportasi di Venesia adalah gondola. Di Genoa, transportasi penting masyarakat adalah Vespa.

Italo Porcile, penilai lingkungan, mulai berupaya tak menyerah pada tekanan pemilik Vespa.

“Saya suka Vespino, aku juga menggunakannya,” kata Porcile. “Tapi Euro 0, model yg diproduksi 1999, sangat mencemari udara. Kesehatan masyarakat jauh lebih penting.”

Piaggio memproduksi Vespa usai Perang Dunia II, saat jalan-jalan di sekujur Genoa rusak akibat bom. Setelah itu Piaggio juga memproduksi lokomotif dan pesawat tempur.

Vespa akan terkenal tahun 1953, lewat film Roman Holiday yg dibintangi Audrey Hepburn dan Gregory Peck. Dalam film itu Hepburn dan Peck memakai Vespa mengelilingi kota abadi Genoa.

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Mobil Terbaru

Related Article Vespa Dilarang Mengaspal Di Kota Kelahirannya

Rabu 30 Desember 2015 | Berita Otomotif

Seoul, KompasOtomotif – Hyundai rupanya belum merasa cukup seandainya memiliki sesuatu kendaraan fuel cell alias berbahan bakar hidrogen. Sebab, produsen yang berasal Korea Selatan ini…

Jumat 11 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif — Pria yang berasal Italia yg cukup lama tak lagi terlihat menjadi komentator MotoGP di layar kaca, Matteo Guerinoni, ternyata masih selalu memantau perkembangan…

Senin 14 Desember 2015 | Berita Otomotif

Misano -Tahun 2016 menjadi tahun yg utama buat Ducati. Motor pabrikan Italia itu bakal merayakan hari jadi ke-90 yg mulai dirayakan dalam World Ducati Week (WDW).…