ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Universitas Di Jepang Kembangkan Mobil Listrik Tanpa Baterai

Selasa, Maret 22nd 2016.

Toyohashi -Universitas Teknologi Toyohashi dan Taisei Corp memperkenalkan kendaraan listrik tanpa baterai pertama di dunia. Mobil listrik ini memakai ban khusus yg menyalurkan tenaga listrik dari permukaan jalan yg sudah dielektrifikasi.

Diberitakan Japan Times, Senin (21/3/2016), dalam sesi tes mengemudi di universitas itu, mobil listrik kecil ini bergerak dengan mulus di jalanan khusus. Dikatakan, kawat baja tertanam di dalam ban buat menyediakan saluran energi demi menggerakkan kendaraan.

Mobil listrik tanpa baterai ini diuji di lapangan sepanjang 30 meter dengan kecepatan sekitar 10 km/jam. Namun, mobil listrik ini cuma dapat berjalan di jalanan yg didesain khusus dengan metarial tertentu.

“Akselerasinya halus dan perjalanannya nyaman,” kata Professor Takashi Ohira, tim yg terlibat dalam pengembangan kendaraan.

Ini yaitu terobosan baru dalam pengembangan mobil listrik. Selama ini, mobil listrik biasanya memiliki daya jangkau jarak yg terbatas mengingat kapasitas baterainya. Mobil listrik tanpa baterai ini diklaim dapat bergerak mulus selama berada di atas jalanan khusus yg sudah dielektrifikasi.

“Kami kemudian mampu mengurangi ukuran baterai bagi penggunaan non-expressway,” kata Ohira. (rgr/nkn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Universitas Di Jepang Kembangkan Mobil Listrik Tanpa Baterai

Senin 22 Februari 2016 | Berita Otomotif

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Garansindo Euro Sports selaku distributor sepeda motor Ducati di Indonesia mulai lebih agresif melakukan penetrasi pasar. Garansindo mulai merangkul anggota komunitas…

Rabu 20 April 2016 | Berita Otomotif

Jerez, KompasOtomotif – Jorge Lorenzo resmi membela Ducati tahun depan selama beberapa musim (2017 dan 2018). Namun, yg sekarang ini masih menjadi perbincangan hangat adalah…

Kamis 24 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Satu pengalaman buruk terjebak banjir yg dialami ibu beberapa anak perempuan, Shintarani, mengubah seluruh persepsinya atas pilihan mobil. Saat ini ia menyampaikan…