Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Universitas Di Jepang Kembangkan Mobil Listrik Tanpa Baterai

Selasa, Maret 22nd 2016.

Toyohashi -Universitas Teknologi Toyohashi dan Taisei Corp memperkenalkan kendaraan listrik tanpa baterai pertama di dunia. Mobil listrik ini memakai ban khusus yg menyalurkan tenaga listrik dari permukaan jalan yg sudah dielektrifikasi.

Diberitakan Japan Times, Senin (21/3/2016), dalam sesi tes mengemudi di universitas itu, mobil listrik kecil ini bergerak dengan mulus di jalanan khusus. Dikatakan, kawat baja tertanam di dalam ban buat menyediakan saluran energi demi menggerakkan kendaraan.

Mobil listrik tanpa baterai ini diuji di lapangan sepanjang 30 meter dengan kecepatan sekitar 10 km/jam. Namun, mobil listrik ini cuma dapat berjalan di jalanan yg didesain khusus dengan metarial tertentu.

“Akselerasinya halus dan perjalanannya nyaman,” kata Professor Takashi Ohira, tim yg terlibat dalam pengembangan kendaraan.

Ini yaitu terobosan baru dalam pengembangan mobil listrik. Selama ini, mobil listrik biasanya memiliki daya jangkau jarak yg terbatas mengingat kapasitas baterainya. Mobil listrik tanpa baterai ini diklaim dapat bergerak mulus selama berada di atas jalanan khusus yg sudah dielektrifikasi.

“Kami kemudian mampu mengurangi ukuran baterai bagi penggunaan non-expressway,” kata Ohira. (rgr/nkn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Universitas Di Jepang Kembangkan Mobil Listrik Tanpa Baterai

Rabu 3 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Lima produk andalan Toyota Astra Motor (TAM), merupakan Toyota Avanza, Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner, Toyota Rush, dan Astra Toyota Agya, sukses menyabet…

Minggu 28 Februari 2016 | Berita Otomotif

Tangerang, KompasOtomotif – Pergerakan konsumen mencari tempat bernaung setelah Ford Motor Indonesia (FMI) resmi menyatakan menghentikan bisnisnya di Indonesia, terbaca dari aktivitas komunitas. Indonesia Ford…

Sabtu 16 Januari 2016 | Berita Otomotif

Bandung -Peluang kehadiran Toyota Sienta buat memasuki segmen Multi Purpose Vehicle atau MPV di Indonesia, masih dipertimbangkan oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Kepada detikOto, Director…