ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Universitas Di Jepang Kembangkan Mobil Listrik Tanpa Baterai

Selasa, Maret 22nd 2016.

Toyohashi -Universitas Teknologi Toyohashi dan Taisei Corp memperkenalkan kendaraan listrik tanpa baterai pertama di dunia. Mobil listrik ini memakai ban khusus yg menyalurkan tenaga listrik dari permukaan jalan yg sudah dielektrifikasi.

Diberitakan Japan Times, Senin (21/3/2016), dalam sesi tes mengemudi di universitas itu, mobil listrik kecil ini bergerak dengan mulus di jalanan khusus. Dikatakan, kawat baja tertanam di dalam ban buat menyediakan saluran energi demi menggerakkan kendaraan.

Mobil listrik tanpa baterai ini diuji di lapangan sepanjang 30 meter dengan kecepatan sekitar 10 km/jam. Namun, mobil listrik ini cuma dapat berjalan di jalanan yg didesain khusus dengan metarial tertentu.

“Akselerasinya halus dan perjalanannya nyaman,” kata Professor Takashi Ohira, tim yg terlibat dalam pengembangan kendaraan.

Ini yaitu terobosan baru dalam pengembangan mobil listrik. Selama ini, mobil listrik biasanya memiliki daya jangkau jarak yg terbatas mengingat kapasitas baterainya. Mobil listrik tanpa baterai ini diklaim dapat bergerak mulus selama berada di atas jalanan khusus yg sudah dielektrifikasi.

“Kami kemudian mampu mengurangi ukuran baterai bagi penggunaan non-expressway,” kata Ohira. (rgr/nkn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Universitas Di Jepang Kembangkan Mobil Listrik Tanpa Baterai

Rabu 27 April 2016 | Berita Otomotif

Beijing – All New Honda Avancier dan All New Acura CDX tampil perdana di ajang pameran Beijing International Automotive Exhibition 2016 pada tanggal 25 April…

Rabu 13 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Mengawali tahun 2016, PT Astra Honda Motor (AHM) launching motor baru. Kali ini, skuter matik (skutik) andalan Honda merupakan BeAT Pop mendapatkan grafis terbaru. “Pada…

Selasa 3 November 2015 | Berita Otomotif

Tokyo, KompasOtomotif – PT Honda Prospect Motor (HPM) sedang mempertimbangkan buat kembali memberi pilihan baru di segmen mobil keluarga serbaguna (MPV) dengan kapasitas angkut di…