Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Ujian Berat “Mobil Murah” Datsun Di Jalur Ekstrem

Rabu, Januari 13th 2016.

Tanjung Redeb, KompasOtomotif – Eksplorasi alam dan objek wisata menarik Indonesia lewat Datsun Risers Expedition (DRE) selalu berlanjut. Pada hari kedua perjalanan gelombang ke-3 etape ke-1 di Kalimantan, Selasa (12/1/2016), lima Datsun Go+ Panca menemukan ujian sesungguhnya bagi kendaraan yg notabene berstatus ”mobil kota”.

Rute kali ini bergerak dari Sangata, Kutai Timur, menuju Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur. Jalanan yg dilalui para risers (sebutan buat pengguna Datsun) dan rombongan ternyata teramat berat. Kendati demikian, LCGC bermesin 1.200 cc 3-silinder itu seolah tidak pernah kehabisan nafas.

Entah berapa kali tanjakan terjal dengan sudut kemiringan antara 35-45 derajat dilewati. Bahkan salah seorang jurnalis lokal yg ikut melepas rombongan di Samarinda, Senin (11/1/2016), sempat meragukan kemampuan Datsun Go+ Panca yg diisi muatan penuh orang dan barang.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Tanjakan terjal dan licin kerap dilalui para risers di Kalimantan.

Kondisi ini diperberat dengan jalanan rusak, berlubang di kanan-kiri, sejumlah perbaikan, atau dua kali ditemukan longsor. Lalu, truk-truk besar operasional tambang batu bara juga menjadi ciri khas jalanan yg diapit hutan Hujan tropis ini.

”Dari awal kita para risers telah percaya dapat melintasi jalanan yg berat ini. Meski sering kalian berjalan pelan buat menanjak, tetapi seandainya dikemudikan dengan teknik yg benar, Datsun Go+ Panca cukup bertenaga,” ujar Syaifuddin, salah sesuatu risers.

Bisa jadi, rute sepanjang 195 km ini menjadi medan terberat para risers dalam DRE akan gelombang pertama di Jawa-Bali-Lombok, gelombang kedua di Sulawesi, hingga ketiga yg diadakan di Kalimantan ini.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Pemandangan cukup indah tidak jarang dijumpai meskipun jalanan sangat berat dan terjal.

Pemandangan
Rute ini juga bercerita tentang kebakaran hutan yg sempat membuat pemerintah mengeluarkan status Darurat Asap bagi berbagai wilayah, termasuk Kalimantan. Hampir sepanjang perjalanan, rombongan menemukan sisa-sisa hutan yg hangus terbakar, dan baru saja ditumbuhi ilalang.

Semakin menarik ketika memasuki kawasan pertambangan yg menyisakan area bekas operasional tambang, membentuk cekungan dan tidak jarang yg berubah menjadi semacam ”danau”. Beberapa kali KompasOtomotif dan para risers disambut kawanan orang utan yg bergelantungan di pepohonan.

Perjalanan masih panjang, DRE gelombang ke-3 di Kalimantan mulai berlanjut hingga menyentuh perbatasan Indonesia-Malaysia, dalam dua hari ke depan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Datsun Risers Expedition

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Ujian Berat “Mobil Murah” Datsun Di Jalur Ekstrem

Sabtu 13 Februari 2016 | Berita Otomotif

Chicago -Semakin ketatnya peraturan emisi gas buang, tak menutup kemungkinan mulai membuat hybrid mulai semakin dipilih konsumen. Sadar mulai hal itu, produsen yang berasal Korea KIA…

Kamis 31 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Industri otomotif yaitu salah sesuatu penopang industri di Indonesia. Industri otomotif menjadi tumpuan dari jutaan orang Indonesia. Dari data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia)…

Senin 22 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif– Memodifikasi interior yaitu kebiasaan yg kadang dikerjakan oleh pemilik mobil di kota-kota besar di Indonesia. Selain bosan, langkah tersebut dikerjakan karena sang pemilik…