Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Uji Performa Honda CBR500R Dengan “Dynotest”

Minggu, April 3rd 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Puas mengendarai produk moge baru Honda CBR500R di jalanan Ibu Kota, kali ini saatnya mengetahui performa. Ketimbang mengandalkan pola pengukuran perasaan, lebih baik performa moge ini dites pakai alat, Dynojet, jadi valid.

Pengujian Dynotest akhirnya, lKompasOtomotif akhirnya merencanakan buat mengujinya, dengan perlengkapan Dynojet, atau biasa disebut tes Dyno (dynotest). Sempat memikirkan dua lokasi pengetesan, akhirnya pilihan sampai di workshop Sportisi Motorsport, yg juga salah sesuatu bengkel authorize dynojet tunner segera dari Amerika.

Disambut hangat oleh sang pemilik bengkel, Bramantio, CBR500R punya Honda kemudian dibawa masuk lansung ke ruang tes. Bramantio ternyata juga yaitu biker senior yg milik hobi touring dan pecinta moge Jepang.

Ghulam/KompasOtomotif Power CBR500R dari hasil tes dyno.

Performa

Setelah masuk ke ruangan uji dan perlengkapan tes Dyno telah terhubung sempurna dengan sepeda motor, saatnya menggeber kemampuan moge punya Honda ini. Pengujian cuma meliputi tiga komponen, di antaranya tenaga, torsi dan top speed (kecepatan tertinggi).

Honda CBR500R akan dinyalakan, kemudian moge digeber akan dari masuk gigi satu, hingga puncak transmisi di posisi enam. Setelah dua kali pengujian, akhinya simpulan data akhir didapatkan.

Untuk torsi, hasil tes dyno moge Honda ini ada di angka 39,00 Nm @6.500 rpm sampai @7.000 rpm (@6.659rpm). Sementara data spesifikasi pabrikan 44,5 NM @7.000 rpm.

Ghulam/KompasOtomotif Torsi CBR500R dengan tes dyno di Sportisi Motorsport.

Kemudian tenaga maksimal, Honda CBR500R mampu menyemburkan 43,04 tk pada kisaran 8.444 rotasi per menit (rpm). Angka ini lebih rendah kurang lebih 4 tk dibanding dengan spesifikasi yg dirilis Honda (46,9 tk)

Terakhir buat top speed, dari data yg dicatat oleh hasil tes, sepeda motor ini dapat melesat sempurna sampai titik 172,77 kmj. Pada grafik top speed, CBR500R milik garis menanjak yg lurus dan sempurna. Bisa dikatakan bagi mencapai titik puncak, sepeda motor ini dapat melakukannya dengan baik.

Ghulam/KompasOtomotif Angka max speed dari CBR500R di dyno test.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Uji Performa Honda CBR500R Dengan “Dynotest”

Senin 22 Februari 2016 | Berita Otomotif

Hiroshima, KompasOtomotif – Meski telah tak memakai inflator kantung udara (airbag) dari pemasok komponen Takata di mobil barunya, Mazda Motor Corporation (MMC) kembali harus melakukan aksi…

Rabu 23 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Jalanan yg macet, infrastruktur jalanan yg rusak, karakter pengemudi di jalan yg tak taat dulu lintas menjadi dua faktor penyebab buruknya keadaan dahulu…

Selasa 5 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Chevrolet Spin menjadi salah sesuatu model yg paling banyak melakukan servis di bengkel resmi Chevrolet di wilayah Jakarta Timur. Servis paling banyak dikerjakan terkait servis…