Hubungi Kami SMS whatsapp
"Uji Nyali" Datsun Di Jalur Ekstrem Kalbar - Isuzu Surabaya - Isuzu Surabaya
Isuzu Surabaya

Dealer Resmi Isuzu Surabaya

Menu

“Uji Nyali” Datsun Di Jalur Ekstrem Kalbar

Sabtu, Januari 30th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Penampakan Datsun di titik perbatasan Indonesia-Malaysia di Entikong, Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar), bukan berarti mobil produksi dalam negeri itu sedang diekspor ke negara tetangga. Lokasinya yg lebih dari 250 km dari ibu kota Kalbar, Pontianak, yaitu bagian dari Datsun Risers Expedition (DRE) gelombang ketiga yg berlangsung 11 – 29 Januari 2016.

Perjalanan menuju Entikong yaitu pencapaian khusus. Mungkin tak ada satupun mobil kelas low cost green car (LCGC) yg pernah menginjakan kakinya di garis perbatasan antar negara itu selain Datsun. Sekali lagi, Datsun membuktikan keandalannya setelah unjuk gigi di Jawa, Bali, Lombok, dan  Sulawesi.

Tim inti DRE Kalimantan terdiri dari 5 unit MPV GO+ yg dikendarai para risers (peserta DRE). Rombongan mendapat pengawalan dari 1 unit hatchback GO, Nissan Evalia, Nissan Grand Livina, dan Nissan NP 300 Navara.

Tanjakan panjang, aspal berlubang, debu, kerikil, adu kebut dengan truk dan bus, hanya sebagian tantangan yg harus dihadapi selama berkendara menuju Entikong. Tidak sampai tiga jam tim berada di zona netral antara Indonesia-Malaysia, kalian putuskan kembali ke Pontianak.

Jagad Sidhayoda Datsun hadapi jalur ekstrem di Kalimantan Barat.

Ceritanya akan berubah ketika perjalanan pulang dimulai. Rute yg kita tempuh tak sama seperti berangkat, jalur yg dipilih mengarah ke Tayan Hulu, Sanggau. Ternyata jalurnya sama sekali tak bersahabat.

Kondisinya sangat memperihatinkan, pantas saja tak banyak mobil kecil yg pilih lewat sini menuju Entikong. Permukaan aspal hanya sebagian di dua lokasi, sisanya jalur berbatu, berlumpur, dan berdebu, penampakannya lebih parah dari permukaan bulan.

Jagad Sidhayoda Ujian bagi Datsun di Kalimantan Barat seakan tak ada habisnya.

Mobil yg cocok buat situasi ini cuma Navara yg berperan sebagai road captain, pemimpin rombongan, Buat sisanya seakan jadi “mimpi buruk”, terutama buat Datsun. Situasinya makin parah sebab permukaan jalan licin dan pandangan terbatas karena Hujan deras.

Jagad Sidhayoda Truk terguling di tepian jadi pengingat mengendarai Datsun di jalur ini harus selalu konsentrasi.

Berkendara dalam situasi seperti ini menguras konsentrasi. Tidak henti-hentinya peringatan bahaya situasi di depan keluar dari road captain lewat radio komunikasi, suaranya menolong agar tetap fokus pada jalan. Pemandangan truk terguling di tepian membuktikan betapa ganasnya jalur yg kita lewati.

Bergetar

KompasOtomotif mengemudikan GO. Perjalanan rasanya seperti jalur pengetesan suspensi yg tak pernah berhenti. Sesekali bunyi keras tiba dari ruang fender, menandakan suspensi menemukan titik terjauh mampu ditekan.

Di kabin semuanya bergetar, tampaknya mobil apapun yg lewat sini bakal mengalami hal yg sama. Lagu yg keluar dari speaker di beberapa pintu depan tak menolong menenangkan suasana, malah lebih baik selalu memantau radio komunikasi.

Meski rasanya GO sedang dihukum berat, bukan berarti tak dapat dihadapi. Buktinya, seluruh dapat selesai tanpa ada hal buruk yg terjadi. Hal ini membuktikan paket spesifikasi Datsun dirancang sanggup menghadapi situasi seperti ini.

Kesan berbeda tiba dari komentar para risers di dalam GO+. Dudi Iskandar, risers dari Grup 1 mengatakan, suspensi mentok tak pernah dirasakan. Selain itu ia juga bilang tenaga dan torsi dari mesin 1.2L berguna dengan baik. Pengalaman yang lain diucapkan Felix Kumanto, risers grup 5, katanya belum tentu berani bawa mobilnya sendiri lewat jalur itu.

Febri Ardani/KompasOtomotif Datsun Risers Expedition Gelombang 3 etape 3 berfoto di Kapuas Tayan Bridge.

Usai berjibaku di jalur ekstrem, tim mampir di Pulau Tayan. Daerah ini terkenal karena sedang dibangun Jembatan Tayan yg melintang di atas Sungai Kapuas. Peresmian jembatan belum dilakukan, tetapi kita sempat mengabadikan momen di salah sesuatu titik terbaik.

Tim sampai Pontianak pada malam hari, total perjalanan memakan waktu enam jam.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Datsun Risers Expedition

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article “Uji Nyali” Datsun Di Jalur Ekstrem Kalbar

Rabu 18 November 2015 | Berita Otomotif

Milan -Ducati mulai come back ke Indonesia dengan gaya. Soalnya mereka mulai launching semua line up yg baru nongol di Milan ke Indonesia. Motor-motor itu adalah…

Jumat 20 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kembali menyatakan prediksi pencapaian otomotif tahun ini. Prediksi baru yg diungkap lebih akurat, sebab pergantian tahun…

Kamis 5 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Minat yg membludak dari konsumen di Indonesia setelah peluncuran resmi Peugeot Scooter Django di Indonesia International Motor Show (IIMS), Agustus lalu, harus…