Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Truk Dan Bus Scania Aman “Minum” Solar Subsidi

Senin, April 25th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Selain dikenal sebagai distributor alat berat, PT United Tractors (UT) sejak 2004 akan merambah ke transportasi barang dan penumpang. Pada segmen itu, merek yg diageni UT, yakni UD trucks dan Scania dan semuanya bermesin diesel.

Menurut Harijadi Mawardi, Kepada Divisi Pemasaran Truck & Bus PT United Tractors TbK, menjelaskan, segala truk dan bus merek Scania yg dijual di Indonesia sebenarnya masih sangat aman memakai bahan bakar minyak (BBM) macam solar 48 (solar bersubsidi). Sebab, teknologinya telah disesuaikan dengan keadaan di Tanah Air.

“Tetapi sebenarnya kalau Scania itu tak persoalan memakai solar biasa. Bio solar pun bisa, apalagi yg lebih bagus dari itu. Lihat saja bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) di jalanan memakai solar biasa,” ujar Harijadi di kantor pusat United Tractors di Cakung, Jakarta Timur, Senin (25/4/2016).

Harijadi melanjutkan, teknologi yg ada di mesin diesel Scania telah dilengkapi dengan water separator. Fungsinya adalah mencegah Solar yg teremulsi dengan air masuk ke dalam Fuel System, karena air mampu merusak komponen di Fuel system mesin diesel.

“Asal penempatannya benar dan dengan adanya alat tersebut airnya telah dipisahkan terlebih dulu, sehingga meskipun memakai solar biasa pun tak masalah, mungkin cuma persoalan performa saja,” kata Harijadi.

Sementara itu, di Indonesia, BBM bagi mesin diesel jenisnya cukup banyak. PT Pertamina (Persero) saja memiliki dua pilihan, seperti Solar (cetane number 48/solar subsidi), Dexlite (cetane number 51) dan Pertamina Dex (cetane number 53).

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Truk Dan Bus Scania Aman “Minum” Solar Subsidi

Jumat 11 Maret 2016 | Berita Otomotif

London -Honda tengah memikirkan mobil sport NSX Type R. NSX Type R ini kabarnya bakal menjadi NSX versi lebih galak dan berorientasi pada lintasan balap. Seperti…

Minggu 13 Maret 2016 | Berita Otomotif

Ternyata dampak dari terungkapnya petenis dunia Maria Sharapova melakukan doping cukup panjang. Salah satunya adalah ditinggal sponsor yg sempat masuk ke pada wanita cantik ini.…

Jumat 27 November 2015 | Berita Otomotif

Makassar, KompasOtomotif – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) kewalahan dengan besarnya pemesanan salah sesuatu model andalannya, “All New” Triton yg dilepas Agustus 2015.…