Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Triumph Yakin Pengguna Moge Tidak Permasalahkan Penggolongan SIM C

Senin, Januari 11th 2016.

Jakarta -Triumph Indonesia memasarkan motor diatas 500 cc di Indonesia. Dengan adanya wacana penggolongan SIM C bagi pengendara motor, Triumph percaya hal ini tak menjadi persoalan buat pengendara Triumph.

“Tidak sama sekali, karena ini kan bukan mempersulit,” ujar Managing Director PT Triumph Motorcycles Indonesia Paulus Bambang Suranto, kepada detikOto, Senin (11/1/2016).

“Selain itu memang banyak pengendara moge yg memiliki skill yg sesuai (dengan kapasitas mesin bongsor yg dimilikinya,” katanya.

Sehingga, lanjut Paulus. Para pemilik moge cukup meningkatkan SIM C mereka saja, begitu kepolisian memastikan klasifikasi SIM C.

“Jadi tak ada masalah, ini cuma buat memfasilitasi saja. Ya memang tentu ini ada proses yg dikerjakan buat administrasi, tetapi semuanya dibuat buat lebih bagus. Dan kalau memang ada pengendara moge yg kurang berskill, dapat belajar safety riding lagi,” tambahnya.

Ide pengklasifikasian SIM C ini masih sebatas wacana. Soal pembagian SIM C berdasarkan, besar silinder motor masih yaitu pembahasan internal.

Namun menurut Kakorlantas Polri Irjen Condro Kirono, Senin (11/1/2016) dalam jumpa pers di Jl MT Haryono mengatakan bahwa hal ini masih dikembangkan secara simultan.

“Internal aku buat menyiapkan sarana prasarana untuk pengguna moge,” jelas Condro.

“Kompetensi bagi para pengguna moge itu lebih benar-benar diperhatikan. Cara mereka belok itu kan beda dengan para pengendara motor bebek,” tambah dia.

Dalam mengubah aturan SIM C itu, bila benar dilaksanakan, mulai ada pengubahan Perkap atau peraturan Kapolri. Pengubahan ini tak bertentangan dengan UU DLLAJR.

“Pembahasan telah dibahas dari pertengahan 2015. Paling cepat itu 2017, tetapi kan kami masih melakukan pendalaman. Paling cepat itu belum pasti, mampu mundur,” urai dia.

“Jenis-jenis cc kendaraan telah sampai 1700, karakteristik pengendalian juga berbeda. Sehingga diperlukan keterampilan buat pengendara yg ingin mengendalikan kendaraan tersebut,” tutup dia lagi. (lth/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Triumph Yakin Pengguna Moge Tidak Permasalahkan Penggolongan SIM C

Rabu 27 Januari 2016 | Berita Otomotif

Namanya adalah Honda Concept D, yg bakal dijadwalkan buat ‘berlaga’ di lantai Beijing Auto Show 2016. Berdasarkan keterangan yg dihimpun, mobil ini mulai menjadi salah…

Rabu 4 Mei 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Indonesia yaitu wilayah dengan potensi pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara. Jumlah penduduk dan luas daerah yaitu fakta yg sulit dinafikan. Namun,…

Kamis 11 Februari 2016 | Berita Otomotif

New Delhi -Pabrikan Sport Utility Vehicle (SUV) yang berasal Amerika Serikat, Jeep, dikabarkan tengah mengembangkan model baru di pabrik Ranjangaon, India. Rencananya, Jeep anyar itu akan…