Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Toyota Vios “Facelift” Berbagi Teknologi Dengan Sienta

Selasa, Maret 8th 2016.

Bangkok, KompasOtomotif – Toyota launching New Vios facelift di Thailand, Jumat (4/3/2016). Bukan cuma sekadar make-up di sana-sini, sedan mini Toyota ini sekarang memakai pilihan mesin baru yg hampir pasti diikuti langkah serupa di Indonesia.

New Vios memakai mesin baru, berkapasitas sama, 1.5L berkode 2NR-FBE berteknologi dual VVT-i dengan tenaga 108 tk dan torsi 140 Nm. Pilihan baru itu menggantikan tipe lama 1.5L 1NZ-FE yg telah digunakan sejak generasi pertama. Mesin baru ini juga yg mulai digunakan model terbaru, Toyota Sienta.

Kenyataannya, pengenalan New Vios dengan mesin baru minggu lalu, seiring dengan peresmian pabrik ketiga Toyota Indonesia Motor Manufacturing (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, Senin (7/3/2016) yg memproduksi mesin yg sama. Selain digunakan lokal, mesin baru itu juga bakal diekspor.

Meski pihak Toyota Inodnesia belum mau bicara, kemungkinan besar mesin ini diekspor juga ke Thailand buat menopang perakitan Vios dan Yaris, karena memang berbagi mesin sama.

Toyota Motor Thailand New Vios 2016 memakai mesin 1.5L berkode 2NR-FBE dengan dual VVT-i bertenaga 108 tk dan torsi 140 Nm. Pilihan baru ini menggantikan tipe lama 1.5L 1NZ-FE yg telah digunakan sejak lama. New Vios 2016 juga dilengkapi dengan CVT.

Mesin anyar Vios tak dapat pakai transmisi otomatis 4-percepatan lama, sebab itu dipensiunkan lantas diganti dengan continuously variable transmission (CVT). Toyota Motor Thailand mengklaim mesin dan transmisi baru membuat Vios jadi lebih irit. Transmisi manual 5-percepatan tak lagi ditawarkan.

Selain itu Vios juga dibekali Vehicle Stability Control (VSC) plus Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), serta beberapa airbag. Fitur itu standar buat seluruh varian di Thailand, jadi semakin menarik menanti pilihan spesifikasi baru buat Indonesia.

Exclusive

Eksterior tak beda rupa dibanding sebelumnya. Hanya saja hadir tipe baru di Thailand dengan emblem “Exclusive”. Tipe ini memakai kit bodi dengan LED daytime running light, jok kulit hitam, dasbor abu-abu, kemudi piano black, serta sistem hiburan T-Connect dalam layar monitor 7 inci.

New Vios cuma sedikit lebih mahal. Paling murah 599.000 baht (Rp 220,6 juta), naik sekitar tiga persen dari model lama yg dijual terendah 589.000 baht (Rp 216,9 juta).

Toyota New Vios rencananya bakal dipamerkan di Bangkok International Motor Show yg mulai digelar bulan ini. Setelah itu kemungkinan Toyota Indonesia juga ikut launching New Vios.

Menarik juga memerhatikan harga jual New Vios yg cuma naik tipis di Thailand meskipun memakai mesin dan transmisi baru. Seharusnya hal serupa terjadi di Indonesia mengingat sekarang Vios berikut mesinnya telah diproduksi di dalam negeri

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Toyota Vios “Facelift” Berbagi Teknologi Dengan Sienta

Minggu 8 November 2015 | Berita Otomotif

Bogor, KompasOtomotif – Ertiga masih menjadi bagian dari kisah sukses Suzuki di Indonesia. Sejak pertama kali diluncurkan pada 2012, MPV 7-penumpang ini telah beredar di…

Selasa 8 Desember 2015 | Berita Otomotif

Stuttgart – Produsen mobil ternama yang berasal Jerman, Porsche, kabarnya bersiap meramaikan persaingan mobil listrik premium dengan menghadirkan produk bagi menandingi popularitas Tesla Model S.…

Rabu 13 April 2016 | Berita Otomotif

Detroit -Toyota sudah memperkenalkan mobil konsep terbaru yg dikembangkan bersama Clemson University’s International Center for Automotive Research (CU-ICAR). Konsep yg disebut uBox itu didesain buat menarik…