Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Toyota Vios Di Indonesia Mau Ganti Mesin Baru?

Sabtu, Maret 12th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota New Vios facelift sudah meluncur di Thailand, Jumat (4/3/2016). Selain ekterior dan interior, ubahan paling signifikan dikerjakan pada sektor jantung pacu.

Sekarang, sedan mini itu menggendong mesin 1.5-liter 2NR-FBE, berteknologi dual VVT-I, menggantikan 1.5-liter 1NZ-FE yg telah digunakan sejak generasi pertama. Lantas, apakah Vios di Indonesia juga mulai memakai mesin terbaru?

Anton Jimmy, Kepala Divisi Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, Vios bagi pasar otomotif nasional itu diproduksi Complete Knock Down (CKD) di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan sekarang yg masih diproduksi tetap memakai mesin lama (1NZ-FE).

“Sementara ini masih tetap memakai mesin yg lama,” kata Anton kepada KompasOtomotif, melalui pesan singkat, Kamis (10/3/2016) sore.

Menurut Anton, sejauh ini mesin yg digunakan Vios masih cukup bagus. Tetapi, ke depannya TAM dan TMMIN mulai selalu melihat perkembangan pasar.

“Tentunya kalian pelajari dan monitor selalu keadaan pasar dan permintaan konsumen. Jadi sekarang ini kalian tetap memakai mesin lama, tetapi tak tahu ke depannya,” ujar Anton.

Toyota Motor Thailand New Vios 2016 memakai mesin 1.5L berkode 2NR-FBE dengan dual VVT-i bertenaga 108 tk dan torsi 140 Nm. Pilihan baru ini menggantikan tipe lama 1.5L 1NZ-FE yg telah digunakan sejak lama. New Vios 2016 juga dilengkapi dengan CVT.

Tipe mesin baru yg ada di balik kap itu bertenaga 108 tk dan torsi 140 Nm. Transmisinya tak lagi memakai otomatis 4-percepatan, tapi continuously variable transmission (CVT).

Lebih dari itu, New Vios juga dilengkapi dengan Vehicle Stability Control (VSC) plus Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), serta beberapa airbag.

Di Indonesia, Toyota terakhir launching Vios terbaru pada Mei 2013. Peluncurannya itu cuma berselang beberapa bulan setelah World Premiere di Bangkok, Thailand. Jadi, telah waktunya sedan mini andalan Toyota di Indonesia itu bersolek.

Selain itu, sangat logis seandainya Toyota memakai mesin baru, otomatis biaya produksi mulai lebih murah, mengingat model (mesin) lama telah semakin minim jumlahnya. Indikasi lain, pabrik ketiga TMMIN di Karawang telah diresmikan dan akan memproduksi mesin baru 1.5-liter 2NR-FBE tersebut.

Speksulasinya, mesin baru pada Vios di Thailand, tak yang lain adalah mesin buatan TMMIN yg diekspor dari Karawang!

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Toyota Vios Di Indonesia Mau Ganti Mesin Baru?

Selasa 16 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Miris. Saat pemerintah mendorong lebih banyak investasi asing masuk buat mendirikan pabrik di Indonesia, ternyata industri lokal yg selama ini beroperasi tengah…

Selasa 5 Januari 2016 | Berita Otomotif

New Delhi, KompasOtomotif –  Aturan baru yg diterapkan Mahkamah Agung India tentang larangan registrasi mobil baru bermesin diesel di atas 2.000 cc di ibu kota,…

Minggu 21 Februari 2016 | Berita Otomotif

Mobil apa yg bakal menjadi mobil tercepat di dunia? Mungkin segala orang mulai sepakat buat mengarahkan pandangan ke Bugatti Chiron. Hypercar yg digadang-gadang bakal dirilis…