Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Toyota Siapkan Mesin Baru Untuk Sienta

Senin, Maret 7th 2016.


Karawang, KompasOtomotif –Sudah bukan kabar baru lagi yg menyatakan Toyota bersiap memproduksi model baru di Indonesia, Sienta, dalam kuartal pertama tahun ini. Rencana ini seolah dikonfirmasi secara tak segera dengan akan beroperasinya pabrik ketiga Toyota di Karawang, Jawa Barat, Senin (7/3/2016).

Pabrik ini akan memproduksi mesin baru, berkode RNR berkapasitas 1.5 liter dan 1.3 liter. Meski belum mau mengonfirmasi, tetapi pihak Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memastikan bakal digunakan pada model baru di Indonesia.


Pernyataan tersebut disampaikan Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN di sela-sela peresmian Karawang Plant III, Senin (6/3/2016). Namun ketika ditanyakan apakan ini buat Sienta, Warih belum mau menjawab.

“RNR engine ini ditujukan buat memperkenalkan model baru nantinya. Namun, terkait modelnya apa, harap sabar sediit nanti kita mulai sampaikan, itu yg perlu kalian garis bawahi,” ujar Warih.

Jika tak ada perubahan rencana, TMMIN bakal memproduksi Sienta, mulai meluncur April 2016.

Febri Ardani/KompasOtomotif Toyota Sienta Hearts di Tokyo Motor Show 2015.

Mesin Terbaik 

Yui Hastoro, Director of Technical and Project Planning Management TMMIN mengatakan, mesin RNR ini berbeda dengan yg ada di Avanza terbaru. Terutama dari sistem penggeraknya.

“Kalau yg mulai kalian produksi ini, digunakan bagi mobil berpenggerak dan bermesin depan (front engine dan front drive), sementara yg diproduksi oleh Daihatsu (untuk Avanza) berpenggerak belakang,” ujar Yui, Senin (7/8/2016).

Dari segi performa, lanjut Yui, juga terdapat perbedaan dibanding mesin 1.3L dan 1.5L yg telah ada. Tenaga maksimum yg dapat didapat oleh mesin RNR 1.3L ini sebesar 99,83 tk (74,5 kw/6.000 rpm), sementara bagi RNR 1,5L, adalah 106,93 tk (79,8kw@6.000 rpm).

“Mesin dapat dikatakan yaitu yg terbaik dikelasnya. RNR juga berteknologi dual VVTi dan mengadopsi teknologi low friction, sehingga mulai irit bahan bakar. Selain itu, dengan bahan alumunium yg digunakan, mesin ini milik bobot lebih ringan 80-90 kg dibanding mesin serupa yg ada,” ujar Yui.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Toyota Siapkan Mesin Baru Untuk Sienta

Jumat 18 Desember 2015 | Berita Otomotif

Baru-baru ini sebuah kabar mengejutkan beredar luas dengan cepat. CEO Lamborghini – Stephan Winkelmann dikabarkan meninggalkan perusahaan bagi bergabung dengan Audi, sepertiyang dikutip dari Auto…

Minggu 13 Maret 2016 | Berita Otomotif

New Delhi, KompasOtomotif – Di pasar otomotif India, Suzuki Vitara Brezza dijual dengan mesin diesel 1.3-liter DDiS, empat silinder yg bertenaga 88,7 tk dan torsi…

Selasa 16 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Miris. Saat pemerintah mendorong lebih banyak investasi asing masuk buat mendirikan pabrik di Indonesia, ternyata industri lokal yg selama ini beroperasi tengah…