Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Toyota Perkirakan Pangsa Pasar SUV Tahun Ini Naik Lagi

Sabtu, Februari 27th 2016.

Jakarta -Setelah launching All New Toyota Fortuner pada 22 Januari lalu, Jumat (25/2/2016), PT Toyota Astra Motor (TAM) meggelontorkan varian anyar Toyota Rush. Langkah ini didasari optimisme pasar Sport Utility Vehicle (SUV) tahun ini bakal naik dari 7 menjadi 9 persen.

“Potensi pasar segmen ini cukup besar. Mudah-mudahan tahun ini mampu meningkat menjadi 8 atau bahkan 9 persen,” kata Vice President TAM, Henry Tanoto, di sela peluncuran Toyota Rush TRD Sportivo 7 dan TRD Sportivo Ultimo, di Jakarta, kemarin.

Henry menyebut kontribusi segmen SUV terhadap total pasar otomotif sepanjang 2014 masih sebesar 4 persen. Namun setahun kemudian, atau 2015, kontribusinya sudah meningkat menjadi 7 persen.

Sementara, lanjut dia, pada segmen SUV, kelas SUV medium yg terbanyak terserap oleh pasar. Bahkan, fenomena seperti ini telah kelihatan sejak 1995.

Menurutnya, antara 1995 hingga 2006, rata-rata penjualan SUV macam itu sudah mencapai 14.000 unit per tahun. “Fakta itulah yg kemudian dilihat sebagai kesempatan oleh Toyota buat menghadirkan berbagai kendaraan yg sesuai dengan keadaan (jalanan) Indonesia dan berdesain modern serta berkarakter real SUV. Maka, Desember 2006 lahirlah Toyota Rush,” paparnya.

Hasilnya cukup tokcer. Lonjakan penjualan SUV Toyota sepanjang rentang tahun 2006 – 2007 terbanyak disumbangkan oleh SUV anyar itu. Jika sebelumnya 3.000 unit menjadi 30.000 unit.

Moncernya penjualan SUV diperkirakan juga bakal terjadi tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Selain perekonomian yg membaik, penyerap potensial kendaraan macam ini – yakni kalangan usia muda – jumlahnya banyak.

“Selain faktor gaya hidup, juga kebutuhan berdasar keadaan infrastruktur jalanan di Indonesia yg juga tak lepas dari cuaca menjadi alasannya. Terlebih, gaya desain, kenyamanan dan keamanan yg disajikan SUV ketika ini juga sesuai dengan harapan konsumen,” tutur Henry.

Dia mengatakan, sebelum launching SUV Toyota Rush bagi pertama kali pada 2006, pihaknya melakukan survei. Hasilnya, 70 persen orang menginginkan kendaraan yg tangguh, macho, dan sesuai dengan keadaan jalanan atau alam Indonesia.

Berikutnya dikerjakan survei lagi hasilnya menginginkan kendaraan yg sama, tapi dengan tampilan yg lebih bergaya tapi berkapasitas penumpang yg lebih.

Bahkan pada survey tahun-tahun selanjutnya masih menginginkan kendaraan dengan karakter yg sama dengan tambahan kenyamanan dan keamanan yg lebih.

“Maka lahirlah RUSH TRD Sportivo 7 dan TRD Sportivo Ultimo. Ini buat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen,” imbuh Henry.

(arf/arf)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Toyota Perkirakan Pangsa Pasar SUV Tahun Ini Naik Lagi

Selasa 1 Desember 2015 | Berita Otomotif

Bogor -General Motors Indonesia kini telah akan membuka pemesanan SUV kompak Chevrolet Trax. SUV kompak Chevrolet yg dijual Rp 267 juta sampai 291 juta ini dianggap…

Rabu 10 Februari 2016 | Berita Otomotif

Pada tahun 1932, Dr. J.A. Purves menciptakan Dynasphere, sebuah alat transportasi personal yg sayangnya harus menghilang ditelan jaman.Dynasphere sendiri memiliki tinggi sekitar 3 meter dan…

Rabu 9 Desember 2015 | Berita Otomotif

Washington, KompasOtomotif – Saat Indonesia masih belum tergerak memiliki uji tabrak kendaraan, di Amerika Serikat (AS) rating lima bintang yg menjadi standarisasi keamanan paling top…