Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Toyota Masih Berstatus ”Penguasa” Dunia

Kamis, Januari 28th 2016.

Tokyo, KompasOtomotif – Toyota Motor Corp. masih menyandang status sebagai produsen mobil paling laris di dunia. Predikat yg kembali digenggam ini berarti diraih empat tahun berturut-turut, sekaligus menjadi perusahaan yg dapat menjual lebih dari 10 juta mobil sesuatu tahun.

Berdasarkan laporan Bloomberg, (27/1/2016), penjualan Toyota termasuk Hino Motors Ltd dan Daihatsu Motor Co, mencapai 10,05 juta unit tahun lalu. Meski cukup besar, namun perolehan itu turun 0,8 persen dibandingkan 2014.

Sementara di posisi kedua, ada Volkswagen dengan 9,9 juta mobil terjual atau juga drop 2 persen. Sedangkan General Motors (GM) Co. menduduki peringkat ketiga dengan penjualan 9,8 juta unit mobil di segala dunia, juga turun secacara keseluruhan, tetapi tidak banyak, cuma 0,2 persen.

Toyota membalikkan kondisi ketika Volkswagen telah memimpin selama enam bulan pertama, sebelum ”dihajar” skandal emisi mesin diesel dan mengalami krisis. Penjualan Volkswagen yg terjun bebas di China juga menjadi penyebab melenggangnya Toyota.

”Hegemoni Toyota mungkin mulai tak terusik buat dua tahun mendatang setelah VW sebagai pesaing penting mengalami kemunduran. Jarak (antara Toyota dan VW) mulai semakin besar karena VW butuh waktu buat membuat segala kembali normal dan melakukan strategi khusus di pasar Amerika serta Eropa,” ujar Zhou Jincheng, analis dari perusahaan riset Fourin Inc.

Untuk membuat menjadi lima tahun berturut-turut, Toyota mulai memikirkan bermanuver lebih dahsyat di pasar-pasar yg sedang berkembang. Ada prediksi kalau Toyota mulai membeli 51 persen saham sisa dari Daihatsu buat mengendalikan penuh, terutama mobil mini di Jepang, Indonesia, serta Malaysia.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Toyota Masih Berstatus ”Penguasa” Dunia

Rabu 23 Maret 2016 | Berita Otomotif

Hyundai akhirnya menyatakan dirinya ikut dalam rencana NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) dalam menerapkan ABS sebagai standar keamanan mobil di tahun 2020. Sebelumnya sudah…

Senin 16 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mitsubishi di Indonesia telah membuka selubung keterangan bahwa All…

Minggu 28 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Pertengahan tahun lalu, Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma, menyampaikan bahwa AHM tengah melakukan studi buat beberapa produk andalannya,…