Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Tips Aman Mengendarai Mobil Matik

Selasa, Maret 8th 2016.

Jakarta -Mengendarai mobil dengan transmisi matik memang kelihatan lebih mudah. Namun, seandainya tak terampil dan berhati-hati ketika berkendara, risiko kecelakaan dengan mobil tersebut pun cukup besar.

Kecelakaan sebuah mobil hatchback yg jatuh dari parkiran sebuah pusat perbelanjaan, menjadi salah sesuatu contoh pelajaran untuk pengemudi mobil bertransmisi matik khususnya agar berhati-hati dalam berkendara.

Instruktur Senior Indonesia Defensive Driving Center, Adrianto Sugiarto menjelaskan pengemudi mobil dengan transmisi matik butuh teknik berkendara serta konsentrasi penuh agar tak terjadi risiko kecelakaan.

“Matik memang lebih gampang dalam pengoperasian tetapi ada kompensasinya lah kalau kami tak tahu cara penggunaannya,” kata Adrianto kepada detikOto.

Pemindahan posisi tuas pedal menjadi kunci buat pengemudi matik agar mampu mengemudikan mobil dengan aman. Membiasakan diri bagi menempatkan tuas transmisi di posisi N (Netral) ketika berhenti mampu menjadi salah sesuatu cara.

Adrianto memberikan contoh ketika lampu dulu lintas di warna merah atau macet, seringkali pengemudi matik memindahkan tuas pedal ke posisi P serta tak memakai hand brake. Hal itu mampu memicu terjadinya benturan pada mobil yg berada di belakang.

“Kalau berhenti lampu merah posisi tuas biasanya di P (parking), sebaiknya jangan. Taruh tuas di posisi N (netral) jadi kalau turun kan segera di D (drive). Kalau dari P, turun satu, kan latah di R (reverse) tuh. Itu yg tidak jarang jadi perkara kecelakaan,” kata Adrianto.

Soal penggunaan hand brake, dikatakan Adrianto tidak cuma berguna saat melewati tanjakan atau turunan saja. Hand brake berfungsi dalam kondisi macet maupun berhenti agar tak melaju sendiri serta tak membuat komponen mobil cepat rusak.

“Kalau ketika berhenti tak tarik hand brake, komponen di dalam kendaraan dapat rusak karena kan dia maksa mau maju, tetapi ditahan. Boros bahan bakar juga,” ucapnya.

(nkn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Tips Aman Mengendarai Mobil Matik

Rabu 6 April 2016 | Berita Otomotif

New Delhi -Seperti diketahui, BMW dan TVS sudah menjalin kerja sama buat melahirkan sepeda motor sport dengan mesin 300cc. BMW telah launching motor itu dalam bentuk G…

Minggu 27 Maret 2016 | Berita Otomotif

Manado -Bulan depan, PT Pertamina (Persero) mulai launching produk Bahan Bakar Minyak (BBM) dari macam solar, merupakan dexlite. Ini yaitu BBM non subsidi, sama seperti pertalite…

Selasa 24 November 2015 | Berita Otomotif

Karawang, KompasOtomotif — Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah menanamkan investasi besar bagi mempersiapkan kelahiran Kijang Innova generasi kedua. Transisi dengan kadar “All-New” bukan cuma bagi produk,…