Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Tiga Sikap Sedehana, Saat Alami Kecelakaan

Kamis, April 28th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Ibaratnya, keadaan berkendara di jalan umum sama seperti hidup di alam liar, sulit buat diprediksi. Meski Anda telah merasa milik kemampuan mumpuni mengendalikan kendaraan, mematuhi seluruh peraturan, tetap saja kemungkinan buat terlibat dalam kecelakaan mampu terjadi kapan saja. Sebagian orang menyebutnya dengan “sial”.

Namun, saat mengalami keadaan yg tak direncanakan di jalan, setiap biker harus telah mengerti apa yg harus dilakukan. Seperti dilansir Motorcycle.com, Kamis (28/4/2016), ada setidaknya tiga tindakan sederhana yg mungkin dapat dikerjakan ketika terlibat kecelakaan.

Pertama, jangan salah mengucap dan bertindak di tempat kejadian perkara, terlebih lagi mengakui kesalahan secara spontan. Persepsi kita, mulai apa yg sudah terjadi ketika itu, tak sepenuhnya yaitu pendapat yg benar, lebih baik tenangkan diri lalu saja.

Kemudian jangan juga mengucapkan kata “maaf”, karena kata tersebut kerap disalahartikan, dan secara tak segera kalian dianggap telah mengaku salah, walaupun sebenarnya cuma sekedar ingin berperilaku sopan.

Kata-kata maaf tersebut juga mampu jadi senjata mereka buat melawan kita. Cukup sekedar menolong dan menanyakan keadaan pengemudi yang lain saja. Perilaku itu telah memamerkan itikad baik dan sopan, tak menimbulkan kesalahpahaman.

Kedua, jangan begitu gampang setuju dengan perkataan “lupakan saja”. Negosiasi setelah kecelakaan memang merepotkan, dan kebanyakan orang tergoda buat menyampaikan “lupakan saja” dan berpisah. Lebih baik bagi membiasakan diri melakukan laporan resmi di pihak yg berwajib. Ini mulai memberikan keuntungan anda saat melakukan klaim ke pihak asuransi.

Kebanyakan pihak yg berusaha keras menolak bagi berhubungan dengan pihak berwajib, ada indikasi kalau mereka salah. Bukan cuma menjadi penyebab kecelakaan, tapi juga kurangnya kelengkapan surat-surat yg seharusnya dimiliki pengemudi.

Ketiga, jangan begitu cepat mengambil kesimpulan dan menyampaikan “saya tak apa-apa”. Dalam banyak kasus, luka karena kecelakaan memang ada yg tak dapat dirasakan ketika itu juga, tetapi baru dirasakan setelah dua hari. Maka dari itu, sebelum menyimpulkan, lakukan pemeriksaan terlebih lalu kepada petugas medis yg kompeten.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Tiga Sikap Sedehana, Saat Alami Kecelakaan

Kamis 19 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Suparno Djasmin lengser dari jabatannya. Pria yg akrab disapa Abong itu digantikan Henry Tanoto,…

Jumat 25 Desember 2015 | Berita Otomotif

Bangkok, KompasOtomotif – Lesunya pasar otomotif tahun ini yg terasa di negara otomotif besar di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) memengaruhi total performa tahunan. Seperti diberitakan Bangkok…

Selasa 8 Desember 2015 | Berita Otomotif

British Isles, KompasOtomotif – Rencana Honda membangkitkan kembali roadster S2000 kembali terendus dari kabar baru Autocar, Senin (7/12/2015). Detail spesifikasi model baru akan terkuak meskipun…