Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Tiap Satu Menit, Sebuah Mobil Selesai Dibuat Di Pabrik Wuling

Rabu, Februari 24th 2016.

Liuzhou -Pabrik SAIC General Motors Wuling Automobile (SGMW) atau Wuling yg terletak di Baojun Auto City, Liuzhou, China, adalah pabrik mobil modern dengan proses produksi yg sebagian besar memakai robot alias otomatis. Pabrik ini berkapasitas produksi 60 unit mobil per jam, alias sebuah mobil keluar dari jalur produksi pabrik setiap sesuatu menitnya.

“Di pabrik ini, kalian memakai tiga mesin produksi dari Jerman, Italia, serta Korea. Hampir segala proses produksi di line dilakukan oleh robot. Dengan demikian setiap ada kesalahan mampu dengan cepat diketahui. Prosesnya pun berjalan cermat namun cepat,” papar seorang pemandu dari SGMW yg memandu rombongan awak media dari Indonesia ketika mengelilingi pabrik, di Liuzhou, akhir minggu lalu.
Proses produksi memang memakan waktu dua jam. Namun, seandainya dihitung ketika mobil selesai dan keluar dari jalur proses produksi, jeda keluar atau penyelesaian akhir antara sesuatu mobil dengan mobil lainnya cuma sesuatu menit.
Sementara itu, Marketing and Brand Director SGMW (Wuling) Indonesia, Jason Ding, mengatakan, proses dan sistem produksi serupa juga bakal diterapkan di Indonesia. Pengawasan ketat terhadap kualitas baik teknologi, desain, hingga fitur tambahan menjadi perhatian penting pihaknya.

“Karena kita tahu, bagaimana kualitas, desain, dan seluruh itu menjadi perhatian serius konsumen Indonesia,” kata dia.

Hanya dia tidak bersedia memerinci soal pabrik di Indonesia. Jason cuma menyebut, pabrik yg dibangun di Delta Mas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat itu memiliki kapasitas produksi hingga 120.000 unit per tahun. Produknya, selain dipasarkan di dalam negeri Indonesia, nantinya juga diekspor ke negara-negara di wilayah ASEAN.

Model pertama yg dibuat dan dipasarkan adalah macam multi purpose vehicle (MPV) yakni berbasis MPV yg sudah dipasarkan di China, Wuling Hongguang S1. Mobil bermesin 1.500 cc tiga silinder itu tercatat sebagai MPV paling laris di Negeri Tirai Bambu dengan penjualan sebanyak 70.000 unit tiap bulannya.

Hongguang S1

Setelah Hongguang S1 yg akan dipasarkan pada kuartal keempat 2017 itu, Wuling Indonesia rencananya menggelontorkan varian MPV segmen medium yg berbasis Baojun 730. Mobil ini bermesin 1.800 cc.

Di China saban bulannya terjual 30.000 unit. Jika dibuat di Indonesia, kata seorang sumber di SGMW, dia bakal bertarung dengan Toyota Kijang Innova.

SGMW membanderolnya 70.000 – 90.000 yuan atau sekitar Rp 140-180 juta di China. Di pabrik Baojun Auto City, Lizhou itulah, mobil ini dibuat.

Selain memproduksi mobil, pabrik tersebut juga memproduksi mesin untuk MPV-MPV tersebut. Rombongan media yang berasal Indonesia juga berkesempatan melongok dan melihat proses produksi, cuma pihak manajemen pabrik tidak mengizinkan awak media memotretnya.

(arf/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Tiap Satu Menit, Sebuah Mobil Selesai Dibuat Di Pabrik Wuling

Rabu 30 Desember 2015 | Berita Otomotif

Detroit -Brand tertinggi dari Ganeral Motors yakni Cadillac, tampaknya benar-benar tertarik dengan segmen crossover. Padahal dirinya telah memiliki 2 model crossover Equinox dan Traverse. Seperti dilansir…

Rabu 21 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Indonesia negara pertama yg launching New Ertiga, pada Agustus 2015 lalu. Tapi, India lebih beruntung, karena pada varian mesin diesel, produsen otomotif…

Minggu 27 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Nissan menggelar kontes foto bertemakan sepakbola, keindahan alam Indonesia dan keseruan memakai mobil Nissan. Pemenang kontes ini mulai dikirim ke Milan buat menonton final Liga…