Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Test Drive All New Fortuner, Libas Semarang-Magelang-Yogyakarta

Rabu, Februari 3rd 2016.

Pada Jumat (29/1) lalu, tim Merdeka.com mendapat kesempatan melakukan test drive All New Fortuner yg baru diluncurkan sepekan sebelumnya. Bersama tiga jurnalis lainnya, Merdeka.com kebagian tipe VRZ 2.4 transmisi otomatis 4×2, dengan lokasi test drive Semarang dan Yogyakarta.

Tanpa ragu-ragu, tim kita segera mengambil posisi pertama sebagai pengemudi. Cukup dengan menekan tombol engine start stop, Fortuner VRZ warna putih segera menyala. Menariknya, mesin diesel baru yg disematkan di All New Fortuner, 2.4L VNT, nyaris tanpa getaran. Sementara suaranya minim sekali, laksana mesin bensin.

Soal desain, kesan pertama aku desain eksterior All New Fortuner elegan dengan tetap mempertahankan kesan gagah. Ini berkat desain gril besar dan lampu yg memanjang atau pipih tajam. Desain kaca di pilar D terkesan seamless sehingga desain bodi laksana mengalir dari depan hingga ke belakang.
Menikmati dua spot di kota Semarang, kita mengemudikan All New Fortuner VRZ transmisi otomatis ini dengan menyenangkan. Jika Anda ikut di sani, maka Anda juga mulai dengan gampang bermanuver di jalan raya Semarang berkat setirnya yg cukup ringan. Desain setirnya juga mewah dan enak digenggam.

Kawasan perbukitan di Semarang Selatan dengan gampang dijelajahi. Mesin 2.4L VNT bertorsi maksimum 40,8 kgm di rpm 1.600-2.000 lebih dari cukup bagi menaklukkan jalan yg mendaki di kawasan perbukitan Semarang Selatan ini. Sementara kenyamanan di dalam kabin sangat terasa. Selain mesin minim getaran, sistem suspensi jauh lebih empuk dari generasi lawas sehingga mobil lebih stabil dikendalikan.

Di kota Semarang ini, kita mengeksplorasi fitur terbaru Fortuner, yakni Power Back Door dan antijam di semua kaca jendela mobil. Cukup dengan menekan tombol di bawah plat krom yg mengilat, pintu belakang mulai otomatis membuka. Untuk menutupnya, cukup dengan menekan tombol yg berada di bagian bawah pintu belakang. Simpel dan tak sulit, terutama buat pengemudi perempuan. Oya, Anda juga mampu mengatur ketinggian pintu belakang ketika membuka, sehingga tak sulit menekan tombol tutup, terutama seandainya tinggi badan Anda di bawah rata-rata. Caranya, tekan tombol tutup lebih dari beberapa detik buat menyimpan ketinggian pintu yg diinginkan. Fitur ini juga aman kok, karena saat pintu mendapat halangan ketika membuka otomatis, pintu mulai otomatis berhenti.
Fitur antijam, Anda tak usah khawatir tangan atau bagian tubuh yang lain mulai terjepit karena akibat fitur power window. Sebab kaca jendela mobil mulai otomatis turun seandainya ada hambatan. Jadi aman kan.

Nah, ketika melaju di jalan tol Bawen, hujan cukup deras menyambut rombongan All New Fortuner. Tapi, kita tak ragu dengan selalu memacu mobil yg diproduksi di pabrik Toyota Karawang, Jawa Barat, ini. Apalagi ada fitur Power Mode plus paddle shift, sehingga mobil enak dipacu. Dengan kecepatan lebih dari 100 kilometer per jam dan keadaan jalan basah, mobil gampang dikendalikan dan stabil tak melayang, meskipun sempat dipacu hingga menembus 180 km di tol Bawen. Kami percaya pula dengan sistem pengeremannya yg memakai fitur ventilated disc brake dengan ABS dan EBD, meskipun rem belakangnya masih memakai tromol.

Lepas dari tol Bawen, kita menuju Ketep Pass yg berada di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut. Jalan menuju obyek wisata gunung api di Ketep, Magelang, ini cukup kecil bagi ukuran Fortuner. Apalagi waktu itu hujan turun sehingga keadaan jalan basah dan licin dengan pemandangan kabut menuju Ketep Pass. Tapi keadaan jalan yg mendaki dan tidak jarang disertai turunan curam, tidak dapat menahan laju kalian bersama Fortuner. Torsinya masih cukup besar demi menaklukkan jalan desa ini hingga kita mencapai Ketep Pass. Sayang hujan semakin deras, panaroma puncak Gunung Merapi dan Merbabu pun terhalang awan pekat.
Hari kedua
Tes Drive hari kedua, lokasinya lebih menantang, yakni kawasan Taman Nasional Gunung Merapi di Yogyakarta. Di sini, kemampuan off road Fortuner diuji seoptimal mungkin.

Spot pertama adalah Museum Merapi. Jalan yg berbatu khas kawasan gunung api ini kita lewati dengan mudah. Genangan air di dua lokasi kita terabas dengan ria. Off road menuju saksi bisu erupsi Gunung Merapi 2010 dapat kita lewati dengan mudah.

Spot berikutnya adalah Batu Alien. Kondisi jalan menuju ke sana lebih parah. Banyak lubang berpasir dan penuh batu besar. Salah perhitungan, mobil dapat terjebak dan akhirnya menyangkut di jalan. Benar saja, dua mobil harus maju-mundur supaya dapat keluar dari jebakan ala Gunung Merapi ini.

Pilihan mode pengendaraan, Eco Mode dan Power Mode, menimbulkan sensasi berkendara sendiri di sini. Dengan memilih Power Mode, Trasmisi Manual, dan memakai paddle shift, medan off road menuju spot Bunker, juga bisa ditaklukkan. Bermain di transmisi S1, betapa berat pun medan off road menghadang, kalian mampu lalui, ya susah payah juga sih.

Namun di dalam kabin, kalian cukup nyaman meskipun mobil naik-turun mengikuti kontur jalan. Badan aku memang bergerak ke kiri-kanan, karena mobil bergoyang hebat. Tapi tetap nyaman karena pantat masih tetap nempel di jok. Artinya, suspensi All New Fortuner yg mengalami pembaruan dengan double wishbone dengan koil spring dan stabilizer di depan dan 4-Link dengan lateral Rod di belakang sukses meredam tantangan medan off road ini.
Di dalam kabin, kita sangat terhibur dengan sistem entertainment yg lengkap dengan head unit layar sentuh 8 inci. Komunikasi telepon seluler juga mampu dikerjakan sambil berkendara berkat fitur Miracast. dSementara di lingkar kemudi ada switch steering dan MID switch, memudahkan aku menikmati entertainmnet sepenuhnya.

Sport terakhir adalah Kali Kuning. Sport ini berupa sungai kecil dengan dua kubangan air besar. Di spot ini, kalian mengajak All New Fortuner main air. Ah, Fortuner memang mampu diandalkan di seluruh medan, off road sekalipun.Baca juga:
All New Toyota Fortuner telah dipesan 1.700 SPK
Berikut komponen-komponen lokal baru di All New Fortuner
Komponen lokal All New Toyota Fortuner naik jadi 75 persen
All-New Fortuner VRZ dan SRZ Sajikan Keistimewaan ‘Lebih’
Keren, All New Toyota Fortuner 2016 lebih irit dari versi lawas!
Toyota targetkan All New Fortuner terjual 1.500 unit/bulan
Harga All New Toyota Fortuner dibanderol akan Rp 442 juta!
Sumber: http://www.merdeka.com

Mobil Terbaru

Related Article Test Drive All New Fortuner, Libas Semarang-Magelang-Yogyakarta

Minggu 6 Desember 2015 | Berita Otomotif

Stuttgart, KompasOtomotif – Masih ingat di ajang Frankfurt Motor Show 27 September 2015, Porsche memperlihatkan mobil listrik sport bernama Mission E? Kabar terbarunya, kendaraan tersebut…

Selasa 8 Desember 2015 | Berita Otomotif

Tahun depan BMW mulai merayakan ulang tahun perusahaann yg ke-100 tahun. Memiliki usia seabad seharusnya sebuah perusaan patut bersyukur bisa berdiri dengan kesuksesan yg luar…

Sabtu 6 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Sedan kompak anyar Suzuki, Ciaz resmi diluncurkan di Indonesia pada November 2015. Tak cuma dijual buat konsumen, sedan tersebut juga sedang dalam proses buat dijadikan…