Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Ternyata Mobil “Inreyen” Lebih Boros Oli

Rabu, Januari 6th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Ibarat tubuh manusia, mesin pada mobil juga harus melakukan pemanasan sebelum berolah raga agar terhindar dari kram. Pada setiap mobil baru biasanya milik masa adaptasi pemakaian awal atau yg kerap disebut “inreyen” alias running-in period.

Dalam periode itu, keadaan internal mesin sedang menyesuaikan kerja masing-masing komponen, karena itu kecenderungannya membutuhkan lebih banyak pelumasan.

Menurut buku petunjuk konsumen Suzuki Karimun Wagon R, volume oli berkurang pada mesin wajar sebab tergantung viskositas oli (ukuran ketahanan cairan atas tekanan atau tegangan), kualitas oli, dan keadaan pemakaian. Namun dalam perkara mobil baru, mesin lebih boros oli karena komponen seperti piston, ring piston, dan dinding silinder belum terlumasi dengan sempurna.

Anjuran Suzuki sesuai jadwal perawatan berkala, saat mobil telah menempuh 1.000 km, oli mesin dan saringan oli wajib diganti. Meski begitu dikatakan mesin baru mulai bekerja normal setelah menempuh 5.000 km.

Hindari

Menjaga volume oli sangat utama agar pelumasan tetap sempurna. Tapi diakui mengukur jumlah oli di dalam mesin secara akurat sangat sulit dikerjakan walau memakai stik oli.

Kendati mobil baru telah melewati 1.000 km, ketika dicek memakai stik oli dapat saja menunjukan tak ada pengurangan.  Hal itu mampu terjadi karena oli sudah tercampur bahan bakar dan udara lembab hingga seolah oli tak berkurang.

Diperingatkan, material campuran itu mulai menguap bila mobil dikendarai berkecepatan tinggi atau mesin bekerja keras. Bila kelamaan demikian, konsumsi oli mulai semakin tinggi.

Maka itu selama proses “inreyen” utama menjaga kerja putaran mesin tak terus tinggi, tak berkendara dengan kecepatan tinggi, dan mengangkut beban terlalu berat.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Ternyata Mobil “Inreyen” Lebih Boros Oli

Sabtu 7 November 2015 | Berita Otomotif

Tokyo, KompasOtomotif – Dalam hal inovasi dan menciptakan teknologi modern, Toyota tak main-main. Keseriusannya itu ditunjukan dengan mengucurkan dana bagi investasi membangun sebuah pusat lembaga…

Rabu 4 November 2015 | Berita Otomotif

Valencia, KompasOtomotif — Semua yg terlibat dalam penyelenggaraan MotoGP 2015 dipanggil buat mengikuti pertemuan dadakan yg sifatnya luar biasa pada Kamis (5/11/2015) sore waktu Valencia, Spanyol. Kemungkinan besar…

Selasa 19 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Rasa bangga tampaknya tak cuma muncul di sebagian besar masyarakat Indonesia saat melihat Rio Haryanto, menjadi pebalap pertama dari Indonesia yg ikut…