Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Terbukti Kartel, AISI Bakal Sanksi Honda Dan Yamaha

Rabu, Mei 4th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) tegas menyatakan tak ada usaha kartel yg dikerjakan Astra Honda Motor dan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) seperti dugaan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Tapi bila saja benar terbukti, Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata menyampaikan ada sanksi untuk keduanya.

“Kami tak membela merek, tetapi membela anggota. Kalau ada yg salah, kita juga mulai memberikan sanksi,” kata Gunadi via telepon kepada KompasOtomotif, Selasa (3/5/2016), tanpa menjelaskan sanksi apa yg dimaksud.

AISI adalah organisasi yg menaungi para produsen sepeda motor di dalam negeri. Selain AHM dan YIMM, berdasarkan situs resmi, anggota AISI lainnya merupakan Inti Kanzen Motor, Kawasaki Motor Indonesia, Suzuki Indomobil Motor, dan TVS Motor Company Indonesia. Jajaran kepengurusan AISI juga berasal dari direksi para anggota.

Gunadi bilang AISI telah memberikan pemaparan situasi di internal asosiasi kepada KPPU terkait tuduhan kartel pada tahun lalu. Posisi AISI sebagai rekan pemerintah buat memajukan industri otomotif dalam negeri.

“Sekarang tinggal persepsi KPPU terhadap merek–merek tadi (AHM dan YIMM). Mereka (para produsen) harus mempertahankan, mengatakan kondisi yg sesungguhnya. Mengenai tuduhan kalian tak mampu melakukan apa–apa. Kami telah mengatakan tugas. tanggung jawab, dan kewajiban asosiasi,” ujar Gunadi.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Terbukti Kartel, AISI Bakal Sanksi Honda Dan Yamaha

Sabtu 5 Maret 2016 | Berita Otomotif

Geneva, KompasOtomotif – Industri otomotif selalu berkembang ke arah emisi ramah lingkungan, bahkan mobil sport saja sekarang telah dipasarkan dalam mesin hibrida. Berbagai teknologi terkini…

Kamis 7 Januari 2016 | Berita Otomotif

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Nissan X-Trail “berseragam” produk tuner Impul meluncur di Malaysia, Rabu (6/1/2015). Varian baru ini tampil lebih sporty dengan ubahan aerokit dan…

Rabu 17 Februari 2016 | Berita Otomotif

Tangerang -Perusahaan rental mobil TRAC-Astra Rent a Car optimistis hadapi pasar di tahun 2016. Hal itu didasari melihat pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia yg dianggap potensial buat…