Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Telat Bayar Kredit, Kendaraan Bakal Ditarik!

Senin, April 4th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif — Pernah melihat penagih utang (debt collector) dari perusahaan multifinansial sedang “beraksi” di jalan raya mengambil mobil atau sepeda motor? Langkah itu dikerjakan karena sang pemilik telat membayar angsurannya.

Tiap-tiap perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor di Indonesia memiliki aturan tentang hal itu. Lantas, bagaimana bagi Adira Finance?

Menurut Niko Kurniawan, Deputy Director–Head of Retail Car Financing Adira Finance, penarikan mobil atau sepeda motor dari tangan kreditor dikerjakan tergantung pada situasi. Maksudnya, seandainya orangnya memang bermasalah, maka sesuatu hari telat bayar, kendaraan mulai segera ditarik.

“Kondisinya misal telat sesuatu hari, dan orangnya dihubungi tak menjawab atau membawa kabur, atau kendaraannya telah tak di tangannya lagi. Itu mulai segera dicari dan ditarik,” kata Niko seusai acara peluncuran program Xtrim Car Adira Finance di Jakarta, Jumat (1/4/2016).

Debt collector

Apakah ketika menarik kendaraan dari tangan kreditor yg bermasalah, Adira Finance memakai jasa debt collector?

“Tergantung dari siapa orang yg melakukan kredit. Kalau memang orang itu mafia, kalian harus memakai jasa penagih utang dan tak harus menunggu lama-lama,” kata Niko.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 130/PMK.010/2012 tentang pendaftaran fidusia buat perusahaan pembiayaan, lembaga pembiayaan atau leasing dilarang menarik secara paksa kendaraan dari nasabah yg menunggak kredit kendaraan. Peraturan itu secara resmi dikeluarkan pada 7 Oktober 2012.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Telat Bayar Kredit, Kendaraan Bakal Ditarik!

Kamis 14 Januari 2016 | Berita Otomotif

London -Tahun 2015 dahulu total ada 3.785 unit kendaraan hand-made Rolls-Royce diserahkan kepada pemiliknya di semua dunia. Bagi Rolls-Royce ini yaitu rekor penjualan terbesar kedua dalam…

Kamis 10 Maret 2016 | Berita Otomotif

Sebuah pemandangan yg cukup mengerikan terpampang di sini. Adalah Lamborghini Gallardo Bicolore yg terbalik di jalanan. Tidak ada yg tahu mengapa supercar eksotis ini mengalami…

Senin 14 Desember 2015 | Berita Otomotif

Beijing – Raksasa teknologi China, Baidu, melaporkan sudah berhasil dalam uji mencoba mobil tanpa pengemudi di jalan dekat kantor mereka di Kota Beijing. Uji mencoba…