Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Teknik Kamuflase Pada Ujicoba Mobil Baru

Minggu, Maret 13th 2016.

Detroit -Seringkali kami temukan di jalan mobil dengan motif atau corak unik yg menutupi bodi mobil. Biasanya mobil tersebut yaitu mobil baru yg tengah diujicoba di jalanan umum.

Kamuflase mobil tersebut sengaja dipoles dengan motif-motif buat mengaburkan model asli dari mobil. Tujuannya agar produk baru tersebut tak bocor ke publik.

Seperti yg dikerjakan oleh Koordinator kamuflase buat mobil keluaran Ford, Kevin Rothenhauser. Ia dengan enam orang anggota tim dari Ford berusaha menemukan cara buat melindungi tampilan prototipe dari mobil terbaru yg diujicoba di jalan.

“Apa yg membuat aku takut yakni saat mobil kita tertangkap oleh kamera. Semua orang di perusahaan sangat peduli tentang hal itu. Tapi aku sangat menikmati apa yg aku lakukan. Saya dan tim menyukai tantangan dan kami bekerja lebih keras bagi menyembunyikan mobil ini dari fotografer pengintai,” ungkap Kevin yg dilansir Forbes, Minggu (13/3/2016).

Menurut Kevin, ujicoba mobil baru tidak dapat dikerjakan cuma di lingkungan perusahaan saja atau trek yg dibuat oleh pabrikan mobil. Mobil baru tersebut nantinya mulai digunakan secara segera oleh konsumen di jalan, sehingga ujicoba juga harus dikerjakan di jalanan umum yg sesungguhnya.

“Kamu tak dapat mendapat umpan balik yg sesungguhnya di trek perusahaan,” katanya.

Selain itu Otolovers, ternyata kamuflase pada prototipe mobil yg diujicoba juga mengalami perkembangan dari masa ke masa.

Di era 1960 hingga 1970-an, kamuflase mobil yg dikerjakan oleh produsen mobil berupa bentuk panel bodi yg aneh. Cara ini mengeluarkan uang yg tak sedikit oleh pabrikan mobil.

Melangkah ke tahun 1980-an, teknologi dan ide semakin berkembang. Ternyata teknik kamuflase dengan panel bodi tak terlalu efektif. Pabrikan mobil akhirnya cuma menutupi mobil dengan kain berukuran besar. Sayang, cara tersebut juga tak efektif dan cuma digunakan ketika mobil di parkir.

Berlanjut ke era 2000-an hingga ketika ini, teknik kamuflase akan memakai vinyl hitam yg melapisi bodi, jendela, lampu depan dan belakang, air intake, dan ban.

Selain itu, kini juga kadang digunakan stiker dengan motif warna hitam dan putih di semua bodi mobil dan grille buat mengelabui jepretan kamera atau publik yg penasaran.

Foto: Forbes

(nkn/nkn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Teknik Kamuflase Pada Ujicoba Mobil Baru

Rabu 4 November 2015 | Berita Otomotif

Tokyo, KompasOtomotif – Seiring sukses Ninja H2 dan H2R, Kawasaki ketagihan bermain di ranah ”mesin super”. Mereka kembali menyodorkan teknologi forced induction atau sistem pembakaran…

Kamis 7 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Banyak yg beranggapan shock yg bagus itu yg memiliki tingkat fleksibel yg empuk dan lunak. Eits, tetapi jangan salah! Asumsi ini belum tentu benar. “Shock…

Sabtu 28 November 2015 | Berita Otomotif

Dubai – Bugatti Chiron diklaim bisa meluncur dengan kecepatan 500 km/jam. Kecepatan tersebut diperoleh berkat mesin berkapasitas 8.000cc dengan bentuk huruf W dan 16 silinder…