Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Tata Indonesia Uji Pikap Pakai Biosolar B20

Minggu, Februari 14th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) menyatakan dukungannya untuk kampanye penggunaan bahan bakar minyak (BBM) campuran 80 persen solar murni dan 20 persen biodiesel yg disebut Biosolar B20.

TDMI yg sedang fokus di Indonesia pada segmen niaga mengikutsertakan beberapa model pikap, merupakan Tata Ace EX2 dan Tata Super Ace, pada kegiatan touring, roadshow, sekaligus sosialisasi B20 yg digelar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. TMDI menyampaikan partisipasinya sekaligus buat menguji kesesuaian B20 dengan mesin diesel yg digunakan.

“Kami mendukung program Pemerintah Biodiesel 20% atau B20 yg mampu memberikan kontribusi baik terhadap kualitas udara Indonesia,” Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI, dalam informasi resminya, Jumat (12/2/2016).

Stanly Tata Super Ace 1400 cc diesel dan Tata Ace Ex2 700 cc diesel

Tata Ace EX2 yaitu pikap dengan mesin paling kecil yg dijual di Indonesia, mengandalkan mesin diesel 2-silinder berkapasitas 702 cc dengan tenaga 16 tk dan torsi 38 Nm. Sedangkan Super Ace bermesin diesel 1.4L turbocharged intercooled bertenaga 70 tk dan torsi 135 Nm.

Selama pengetesan etape pertama Jakarta – Surabaya – Jakarta dan etape kedua Jakarta – Bali, jarak tempuh yg dilalui sejauh 2.750 km. TMDI menyampaikan Ace EX2 berhasil mendapatkan 18 kpl dan Super Ace 14 kpl. Hasil itu disebut tetap hemat, didapat tanpa kendala teknis, dan tak menggangu ketahanan serta performa kedua model.

Mulai 1 Januari 2016, Pertamina telah mendistribusikan B20 secara bertahap ke semua Satasiun Pengisian Bahan Bakar Untuk Umum (SPBU). Aktivitas itu sesuai mandatori pemerintah sebagai lanjutan pemanfaatan B15 akan 26 Agustus 2015.

B20 adalah upaya pemerintah bagi menekan emisi gas buang kendaraan terutama mesin diesel. Hasilnya memang belum setara standar emisi Euro IV, namun setidaknya lebih baik. B20 juga pilihan tertinggi yg mampu digunakan pada mesin diesel tanpa perlu modifikasi teknis.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Tata Indonesia Uji Pikap Pakai Biosolar B20

Sabtu 26 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Salam detikOto, aku sudah memodifikasi setang Honda MegaPro dengan setang racing jepit. Tapi kendalanya, ini mengakibatkan beban banyak ke depan hingga besi pelat nomor/kepala lampu…

Selasa 16 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -BMW sudah menetapkan bagi mengubah nama dalam jajaran mobil ramah lingkungannya. Pabrikan yang berasal Jerman itu mulai memakai nama ‘iPerformance’ bagi kendaraan plug-in hybrid. Siaran…

Jumat 22 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Dari 6.480.155 unit sepeda motor yg terjual sepanjang 2015 lalu, Skutik jadi jawara. Dipilah dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI),…