Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Tanggapan Produsen Sepeda Motor Penertiban Balap Liar

Kamis, Januari 14th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Mulai pertengahan Februari 2016, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersama sejumlah instansi terkait mulai menertibkan balapan liar di Jakarta. Nantinya, pebalap liar mampu balapan di “sirkuit” dadakan yg sudah disiapkan.

Menanggapi hal itu, Anggono Iriawan, Manajer Safety Riding dan Motorsport PT Astra Honda Motor (AHM) menuturkan, seandainya disediakan tempat atau “sirkuit” dadakan sangat bagus. Tetapi masalahnya, di mana tempatnya yg layak.

“Kalau tetap di jalanan seperti itu sama saja membahayakan dan mengganggu masyarakat. Jadi sebaginya dicarikan tempat yg tak mengganggu masyarakat umum,” kata Anggono ketika dihubungi KompasOtomotif, Rabu (13/1/2016) siang.

Menurut Anggono, pendekatan atau komunikasi polisi dengan para pebalap liar juga harus lebih aktif. Misalnya, memberikan penyuluhan, disiapkan tempat hingga dikenalkan balapan dengan aturan resmi.

“Karena sebenarnya balap liar itu cenderung ke drag race. Bahkan, tak mampu dipungkiri juga kalau sebenarnya itu adu gengsi antar bengkel, bukan dari jokinya,” ujarnya.

Sebelumnya, Sumantri dari Biro Organisasi Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta juga mengatakan, tak seluruh jalan umum biasa dijadikan sirkuit tempat di mana pebalap liar beraksi. Sebab, dari keadaan jalan dan lingkungan sekitarnya kebanyakan yg tak memadai.

“Paling mungkin kalau memang tak di sirkuit resmi seperti sentul di Kemayoran. Jadi yg masuk akal cuma Kemayoran dan kami kerjasama dengan pihak Sentul,” ujar Sumantri ketika dihubungi KompasOtomotif, Selasa (12/1/2016).

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Tanggapan Produsen Sepeda Motor Penertiban Balap Liar

Rabu 23 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Memilih mobil untuk teman beraktivitas sehari-hari tak mampu sembarangan, pasalnya pilihan akhir wajib mempermudah bukan malah bikin susah. Buat orang tua dengan…

Kamis 3 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif –Crossover NX 200t yg dijual Rp 960 – 995 juta adalah model paling murah yg kini ditawarkan Lexus Indonesia. Adrian Tirtadjaja General Manager Lexus Indonesia…

Kamis 29 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Tokyo – Sekitar seratus tahun lalu, mobil-mobil akan menggantikan peran kuda sebagai moda transportasi. Kehadiran mobil di masa itu pastinya membuat orang-orang takjub. Perasaan itulah…