ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Tak Hanya Terampil, Pebalap Andal Juga Butuh Asupan Gizi Ini

Selasa, Februari 9th 2016.

Michigan -Asupan gizi untuk seorang pengemudi mobil sport memiliki peran utama buat meningkatkan kemampuan fisiknya. Tidak cuma gerak reflek saja yg terjaga tetap juga konsentrasi dan kemampuan syaraf sensorik dan motorik terasah kepekaannya. Makanan apa saja?

Sebuah laporan yg dilansir Autoevolution, Selasa (9/2/2016), menyebut, ketika ini mobil juga sudah dilengkapi seabrek fitur pengamanan dan kenyamanan. Mulai dari peranti pengontrol stabilitas mobil, kontrol traksi, antilocak braking system (ABS), blind spot assist, kamera, radar, serta pengereman otomotis, sudah disedikan.

Namun, mengapa kecelakaan masih saja kerap terjadi? Padahal, kemampuan mengemudi bukanlah karena bakat.

Hanya memang, terampil saja juga tidak cukup. Kondisi fisik yg prima, kemampuan berkonsentrasi yg tinggi, juga sangat berarti buat keselamatan dan pengemudi. Di sinilah andil asupan gizi juga menentukan.

Hasil penelitian menunjukan, selama berkendara dalam kecepatan tinggi tentu membutuhkan konsentrasi ekstra dan kemampuan berpikir secara cermat dari pengemudi. Sementara, kemampuan berpikir juga tergantung kemampuan otak.

“Agar fungsi sel-sel otak berjalan dengan baik dan dalam kapasitas tinggi, sel-sel otak manusia membutuhkan tiga unsur gizi penting yakni protein, lemak, dan karbohidrat,” bunyi pernyataan penelitian tersebut.

Protein sangat dibutuhkan oleh sel-sel otak. Setidaknya beberapa atau tiga porsi protein per hari harus dimakan oleh seorang pebalap. Zat protein mulai menjaga kewaspadaan seseorang pada tingkat yg lebih tinggi, terlebih seandainya mereka harus mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi.

Total ada delapan macam sumber protein yg dapat dimakan seorang pebalap. Mereka antara lain, daging merah, daging ikan, telur, dan produk susu. Selain itu ada sumber yang lain yg juga tidak kalah nilai gizinya, yakni biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan yg berfungsi buat memotivasi fokus mereka yg berada di belakang kemudi.

Sedangkan lemak, meskipun dinilai sangat utama buat memasok gizi buat otak, namun pilihan sumbernya harus tepat. Jika tidak, justru memiliki efek bahaya untuk pembuluh darah arteri dan jantung.

Jenis lemak sehat terdiri dari asam lemak Omega-3 dan lemak tidak jenuh tunggal dan tidak jenuh ganda. Semua dari mereka diperlukan buat menolong bentuk membran neuronal otak dan myelin. Semuanya sangat utama buat berfungsinya sistem saraf.

Asam lemak Omega-3 mampu ditemui minyak ikan, kuning telur, minyak krill dan bahkan dua minyak seperti dari biji-bijian, termasuk biji rami.

Adapun kabohidrat yg tepat bakal menjadi bahan bakar buat kerja syaraf. Sumber kabohidrat terbaik adalah  dari bahan biji-bijian, buah-buahan, serta sayuran.

Namun, harus diwaspadai makanan yg juga tercatat sebagai sumber karbohidrat namun dapat menimbulkan efek lain. Menjadi sumber gula misalnya, karena dapat menimbulkan penyakit gula. (arf/rgr)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Tak Hanya Terampil, Pebalap Andal Juga Butuh Asupan Gizi Ini

Jumat 18 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Bocoran tampang baru Suzuki Swift  2017 telah tersebar di dunia maya. Seperti dilansir situs Indianautosblog, Jumat (18/3/2016), hatchback generasi terbaru Suzuki ini…

Kamis 25 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Kawasaki Rabu 24 Februari kemarin memperkenalkan si mini sport Z125 Pro di Indonesia dengan banderol perkenalan Rp 29.900.000. Lalu bagaimana dengan nasib si mungil Kawasaki…

Selasa 17 November 2015 | Berita Otomotif

Milan, KompasOtomotif – Honda benar-benar memanfaatkan ajang EICMA di Milan, Italia, sebagai etalase bagi memperlihatkan produk terbaru. Paling ditunggu, deretan model sport 500 Series, yakni…