ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Tahun 2025, Diperkirakan Ada 2.000 Mobil Listrik Di Indonesia

Minggu, Maret 6th 2016.

Depok -Pemerintah ketika ini tengah merumuskan kebijakan terkait konversi BBM ke energi listrik. Pada 2025, ditargetkan sekitar 2.000 unit mobil sudah bersiap memakai tenaga listrik.

Dijelaskan anggota Dewan Energi Nasional Rinaldy Dalimi kendaraan bermotor di Indonesia ketika ini belum banyak yg memakai tenaga listrik. Sementara sumber tenaga listrik masih dihasilkan oleh bahan bakar fosil seperti batu bata dan minyak bumi yg menjadikan energi yg dihasilkan belum efisien.

“Kenapa sekarang kami enggak pakai mobil listrik karena sumbernya masih dari fosil seperti batu bara dan minyak jadi listrik efisiensinya kecil. Sama saja kalian memakai mobil listrik tetapi memakai BBM,” kata Rinaldy, Sabtu (5/3/2016).

Untuk mendorong konversi penggunaan bahan bakar ke energi listrik, Rinaldy menyampaikan pemerintah tengah membuat kebijakan yg ketika ini dituangkan dalam Rencana Umum Energi Nasional .

Kebijakan tersebut disusun buat mempercepat pemanfaatan energi listrik buat kendaraan bermotor Ditargetkan pada 2025, sebanyak 2.200 unit kendaraan roda empat sudah memakai tenaga listrik.

“Kita minta pemerintah mengembangkan produk bertahap sebanyak 2.200 unit kendaraan roda 4 bertenaga listrik pada 2025. Ini dorongan, dapat saja lebih dari ini angkanya,” kata Rinaldy.

Bagi produsen otomotif di Indonesia, buat mendukung program tersebut, pemerintah rencananya mulai memberikan insentif bagi setiap produksi mobil maupun motor listrik.

Selain itu, bagi memfasilitasi infrastruktur pengisian tenaga listrik pada kendaraan bermotor, stasiun pengisian mulai dibangun secara bertahap dengan target 1.000 unit pada 2025.

“Pemerintah juga mulai membuat kebijakan insentif buat produsen mobil dan motor.  Stasiun pengisian umum tenaga listrik mulai dibangun secara bertahap 1.000 unit pada 2025,” tandasnya.

Foto: Istimewa/Humas PLN
Foto: Ford

(nkn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Tahun 2025, Diperkirakan Ada 2.000 Mobil Listrik Di Indonesia

Sabtu 20 Februari 2016 | Berita Otomotif

New Delhi -Pabrikan mobil yang berasal India, Tata Motors akhirnya menetapkan buat mengganti nama hatchback Tata Zica karena terdengar seperti nama virus. Tata Motors kini milik…

Minggu 17 Januari 2016 | Berita Otomotif

Detroit Auto Show 2016 juga menjadi ajang di mana BMW X4 M40i melakoni debut publik bagi kali pertama. SUV keren ini memiliki sejumlah pesona yg…

Kamis 24 Maret 2016 | Berita Otomotif

Bangkok, KompasOtomotif – Thailand yaitu salah sesuatu basis penting produksi otomotif dunia. Mobil-mobil yg diproduksi di sana tak cuma diperuntukan untuk konsumen di dalam negeri,…