ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Tahan Mimpi Lihat Kawasaki Di MotoGP

Rabu, Desember 16th 2015.

Madrid, KompasOtomotif – Kembalinya Suzuki dan Aprilia ke MotoGP sejak tahun lalu, diikuti kehadiran KTM pada musim 2017, tidak lantas membuat Kawasaki menetapkan ikut bergabung.

Bos balap Kawasaki Ichiro Yoda menegaskan bahwa ”geng hijau” masih fokus berlaga di WSBK dan belum tertarik kembali ke MotoGP karena berbagai alasan.

Diwawancarai media Italia Riders Mag belum lama ini, Yoda menyatakan bahwa sulit buat Kawasaki kembali ke MotoGP dengan aturan yg ada ketika ini. ”Mereka (penyelenggara) harus mengganti dua hal yg mampu membuat kalian kembali. Saat ini, aturan (pada MotoGP) masih terlalu ketat,” kata Yoda.

Dia menyebut bahwa peraturan baru yg mulai diterapkan pada 2017 semakin memperberat langkah Kawasaki, di antaranya pabrikan baru tak mampu masuk langsung, tetapi harus ”menyusup” dahulu ke tim private.

Alasan paling mendasar, bahwa bagi mencapai level kompetitif di MotoGP mulai membutuhkan banyak pengorbanan dan dana yg tidak sedikit, khususnya buat Kawasaki.

”Aturan membuat tim harus mengembangkan sepeda motor (yang cukup mahal), dan pada akhirnya tugas penting Kawasaki adalah menjual sepeda motor. Transfer teknologi mulai sangat mahal, misalnya girboks seamless yg tidak mungkin diterapkan pada versi produksi,” ucap Yoda.

Setidaknya, bagi ketika ini, Kawasaki belum dapat mengikuti regulasi dan memenuhi persyaratan buat masuk lagi di MotoGP. ”Geng hijau” masih menikmati masa-masa indah bersama WSBK, setelah memenangi titel 2015 bersama Jonathan Rea  dan beberapa tahun sebelumnya oleh Tom Sykes.

Terakhir Kawasaki ikut MotoGP pada 2008, dulu mundur teratur ketika musim 2009 cuma mendukung tim Hayate, tak maju sebagai tim pabrikan. Setelah itu, Kawasaki secara resmi mundur dari MotoGP hingga sekarang.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Tahan Mimpi Lihat Kawasaki Di MotoGP

Minggu 10 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Gelaran pameran otomotif di Indonesia dinilai Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mampu berpengaruh pada pertumbuhan industri otomotif. Tak cuma di IIMS dan GIIAS…

Rabu 9 Maret 2016 | Berita Otomotif

Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional atas prestasinya menciptakan mobil hemat bahan bakar pada ajang Shell Eco Marathon…

Jumat 22 Januari 2016 | Berita Otomotif

Majalengka – Untuk semakin mendekatkan diri dengan pelanggan setia dan memberikan layanan terbaik yg sejalan dengan semangat Let’s Go Beyond, Toyota-Astra Motor (TAM) membuka outlet…