ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Suzuki Tanpa Pembatasan Produksi Kembaran Ertiga

Selasa, Februari 9th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Mazda VX-1 yaitu produk rebadge dari Suzuki Ertiga. PT Mazda Motor Indonesia (MMI) pertama kali launching kendaraan multi guna bawah (Low Multi Purpose Vehicle/LMPV)-nya itu pada Mei 2013 dan varian transmisi otomatis, menyusul September 2014.

Berdasarkan data penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang tahun lalu, kembaran Ertiga itu cuma terjual 96 unit. Bahkan data penjualan bulanan, periode Agustus sampai Desember 2015, tak ada sesuatu unit pun yg terjual.

Pada Januari 2015 cuma lima unit, Februari beberapa unit, Maret 12 unit, April 33 unit, Mei tujuh unit, Juni nol dan Juli 37 unit. Lantas, ada apa dengan VX-1, apakah dari segi produksi dibatasi oleh Suzuki?

Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, Suzuki sama sekali tak membatasi produksi Mazda VX-1. LMPV tersebut diproduksi berdasarkan pesanan dari PT MMI.

“Kita tak ada perjanjian bagi membatasi produksi dalam setiap bulannya. Perjanjiannya adalah, diproduksi berdasarkan pesanan dari konsumen MMI,” ujar Donny ketika berbincang dengan KompasOtomotif di acara media gathering di Jakarta, Jumat (5/2/2016) malam.

Sampai ketika ini, lanjut Donny, VX-1 masih diproduksi. Tetapi, saat ditanya mulai ada versi penyegaran, ia menolak bagi berkomentar. “Itu bukan kewenangan kami bagi memberikan informasi, biarkan dari pihak Mazda yg menginformasikan,” kata Donny tersenyum.

Sebelumnya, Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager MMI, mengatakan, peluncuran VX-1 facelift akan dikerjakan tahun ini, tapi waktunya belum mampu diinformasikan. “Tetapi aku tak mampu bicara kapan waktu tepatnya, yg pasti tahun ini. Pada waktunya nanti mulai kami informasikan,” kata Astrid ketika dihubungi KompasOtomotif, Selasa (19/1/2016) siang.

Mazda VX-1 lahir berkat kerja sama antara prinsipal Suzuki dan Mazda di jepang. Pihak MMI, terkesan tak terlalu serius dalam memasarkan LMPV ini dan lebih fokus pada model-model unggulan, seperti Mazda2, CX-5, Mazda6, dan langsung menyusul CX-3. Padahal, porsi pasar terbesar di Indonesia adalah LMPV yg dihuni Ertiga, Avanza, Xenia, Mobilio, dan Spin.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Suzuki Tanpa Pembatasan Produksi Kembaran Ertiga

Rabu 30 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Menjelang tutup tahun, toko pelek dan ban mobil Permaisuri memberikan paket khusus bagi pengguna Toyota Alphard dan Honda HR-V. Menariknya, pelek dan…

Selasa 9 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Harley-Davidson Asia Pasifik membenarkan berakhirnya keagenan PT Mabua Motor Indonesia. HD Asia Pasifik kini mencari mitra baru buat ditunjuk sebagai diler di Indonesia. “Harley-Davidson mengumumkan…

Senin 25 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Perang diskon di tingkat diler mobil semakin menggila. Diskon nilainya dapat mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Sampai-sampai seandainya ada diler yg cuma menawarkan diskon Rp…