ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Suzuki “Mundur-Teratur” Dari Persaingan Skutik

Selasa, April 5th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Ada gula ada semut, setidaknya jadi ungkapan yg tepat bagi menggambarkan segmen skuter matik Tanah Air. Punya segmen pasar terbesar, membuat dua pabrikan berlomba lakukan penetrasi di segmen ini, meskipun ada juga yg cuma berspekulasi, dan akhirnya berdarah-darah.

Suzuki, tampaknya jadi salah sesuatu merek yg akan merasa tak nyaman bermain di arena panas ini. Pihak Suzuki akhirnya berencana buat menahan diri buat bertarung pada di sini.

“Memang kalau kami lihat market, segmen Skutik memang besar. Tapi kembali lagi, sedemikian besarnya sehingga kebanyakan main di kelas bawah (entry level). Sementara posisi ini sangat sensitif,” ujar Yohan Yahya, Departement Head Sales and Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales, Senin (5/4/2016).

Yohan melanjutkan, sensitif yg dimaksud, adalah terkait dengan dengan harga, perang diskon, serta segmentasi konsumen yg dibidik.

“Dengan keadaan yg seperti itu, lebih baik kalian tak bermain di situ bagi sementara. Artinya kita tak akan lagi bagi jor-joran, namun kita masih eksis dengan produk Skutik yg ada,” ujar Yohan.

Jika melirik data penjualan domestik dalam beberapa bulan pertama 2016, memurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), kinerja penjualan Skutik Suzuki memang jauh tertinggal di bandingkan beberapa merek utama, Honda dan Yamaha. Cuma tercatat 3.611 unit, yaitu sumbangan dari empat model utama, yakni Address, Nex, Hayate, dan Burgman.

Sementara Honda sang pemimpin pasar, pada periode yg sama, total penjualan skutiknya mencapai 562.853 unit, diikuti Yamaha 159.241 unit. Namun, seandainya berbicara parah, merek TVS juga salah satunya, yg cuma menjual 45 unit.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Suzuki “Mundur-Teratur” Dari Persaingan Skutik

Rabu 24 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Kawasaki launching model terbarunya, Z125 di Jakarta Rabu (24/2/2016). Sepeda motor ini bertubuh mungil dengan desain yg diadopsi dari keluarga Z dari…

Senin 1 Februari 2016 | Berita Otomotif

Tokyo, KompasOtomotif– Toyota Motor Corp mengumumkan mulai menghentikan sementara aktivitas produksi di segala pabrik perakitan mobil di Jepang, 8-13 Februari 2016. Keputusan itu diambil setelah…

Rabu 20 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif — Bahan bakar minyak (BBM) macam premium yg dikeluarkan PT Pertamina (Persero) ditargetkan mampu dihapus pada 2019. Sebab, dengan adanya BBM baru, seperti pertalite, pengguna…