Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Suzuki “Mundur-Teratur” Dari Persaingan Skutik

Selasa, April 5th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Ada gula ada semut, setidaknya jadi ungkapan yg tepat bagi menggambarkan segmen skuter matik Tanah Air. Punya segmen pasar terbesar, membuat dua pabrikan berlomba lakukan penetrasi di segmen ini, meskipun ada juga yg cuma berspekulasi, dan akhirnya berdarah-darah.

Suzuki, tampaknya jadi salah sesuatu merek yg akan merasa tak nyaman bermain di arena panas ini. Pihak Suzuki akhirnya berencana buat menahan diri buat bertarung pada di sini.

“Memang kalau kami lihat market, segmen Skutik memang besar. Tapi kembali lagi, sedemikian besarnya sehingga kebanyakan main di kelas bawah (entry level). Sementara posisi ini sangat sensitif,” ujar Yohan Yahya, Departement Head Sales and Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales, Senin (5/4/2016).

Yohan melanjutkan, sensitif yg dimaksud, adalah terkait dengan dengan harga, perang diskon, serta segmentasi konsumen yg dibidik.

“Dengan keadaan yg seperti itu, lebih baik kalian tak bermain di situ bagi sementara. Artinya kita tak akan lagi bagi jor-joran, namun kita masih eksis dengan produk Skutik yg ada,” ujar Yohan.

Jika melirik data penjualan domestik dalam beberapa bulan pertama 2016, memurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), kinerja penjualan Skutik Suzuki memang jauh tertinggal di bandingkan beberapa merek utama, Honda dan Yamaha. Cuma tercatat 3.611 unit, yaitu sumbangan dari empat model utama, yakni Address, Nex, Hayate, dan Burgman.

Sementara Honda sang pemimpin pasar, pada periode yg sama, total penjualan skutiknya mencapai 562.853 unit, diikuti Yamaha 159.241 unit. Namun, seandainya berbicara parah, merek TVS juga salah satunya, yg cuma menjual 45 unit.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Suzuki “Mundur-Teratur” Dari Persaingan Skutik

Senin 18 Januari 2016 | Berita Otomotif

Bogor, KompasOtomotif – Lahirnya Aerox 125LC membuat semakin banyak Skutik 125 cc Yamaha yg saling berbenturan. Apalagi, Skutik bernuansa sport kental itu memakai platform mesin…

Jumat 1 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Prototipe sepeda motor listrik karya ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) yg bermitra dengan PT Garansindo Inter Global (GIG) pertama kali dipamerkan di…

Kamis 4 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Dua pemegang merek Wuling dan Sokon di Indonesia kini dalam proses menjadi anggota organisasi nirlaba para agen pemegang merek, Gabungan Industri Kendaraan…