ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Suzuki Ertiga Diesel Terganjal Solar Di Indonesia

Sabtu, Januari 9th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Saat ini semua varian Suzuki Ertiga yg di pasarkan di Indonesia memakai mesin bensin KB14B DOHC 4-silinder 1.400cc, Variable Valve Timing (VVT), Di India, Ertiga tersedia mesin diesel turbo 1,3 liter pasokan dari Fiat dan telah lama dikabarkan mulai dijual di Tanah Air.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pernah menyatakan mulai membawa versi diesel pada akhir 2014. Saat itu juga SIS sedang melakukan pengujian 50.000 kilometer. Tetapi, sampai detik ini Ertiga diesel belum juga dijual di pasar otomotif nasional. Lantas apa alasannya?

Davy J Tuilan 4W Deputy Managing Director PT SIS menuturkan, secara produk Suzuki telah sangat siap. Bahkan mobilnya telah dijual di India, tapi melihat infrastruktur dan kebijakan pemerintah tentang solar membuatnya ragu menjual Ertiga diesel di Indonesia.

“Kalau tak salah katanya tahun ini yg namanya solar harus biodiesel B15 dan B20. Tetapi sampai sekarang aturannya belum keluar. Ini yg membuat produsen yg mulai mengeluarkan strategi menjadi repot,” ujar Davy ketika acara Press Conference di X2 Lounge, Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (7/1/2016) malam.

Lanjut Davy, bukan ingin menyalahkan kebijakan pemerintah, tapi balik lagi kepada infrastruktur serta sarana dan prasarananya telah ada atau belum seandainya biodiesel B15 dan B20 diterapkan.

“Bagaimana kalian mau menjual Ertiga diesel di Indonesia seandainya kebijakannya saja belum jelas sampai ketika ini. Secara produk kalian telah sangat bersiap cuma tinggal menjualnya di Indonesia,” ujarnya.

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan aturan bahwa akan 26 Agustus 2015 sudah diimplementasikan mandatori pemanfaatan biodiesel 15 persen (B15). Sudah pula diprogramkan bahwa pada 2016 diimplementasikan mandatori pemanfaatan Biodiesel 20 persen (B20).

Biosolar yaitu BBM hasil campuran Solar dan Biodiesel. Saat ini sesuai dengan mandatori di atas maka yang  tersedia di segala SPBU adalah Biosolar B15. Artinya 85 persen solar murni dicampur dengan 15 persen biodisel sehingga dinamakan BBM Biosolar.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Suzuki Ertiga Diesel Terganjal Solar Di Indonesia

Kamis 3 Desember 2015 | Berita Otomotif

Surabaya -PT Euroauto Trans Pratama, selaku diler resmi Porsche di Surabaya sudah membuka Porsche Centre Surabaya pada 24 November 2015 lalu. Porsche Centre Surabaya ini berlokasi…

Jumat 20 November 2015 | Berita Otomotif

Milan, KompasOtomotif – Honda selalu mendalami keinginan konsumen tentang Sepeda Motor Sport. Selain mengusung tunggangan terbaru, mereka juga menyodorkan beberapa konsep yg lebih milik nafas…

Rabu 27 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -David Tobing, pengacara perlindungan konsumen sekaligus anggota Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia ternyata seorang pengguna setia mobil Ford. Setelah muncul kabar Ford bakal angkat…