ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

SUV Tercanggih Mitsubishi Meluncur Di Tokyo

Rabu, Oktober 28th 2015.

Tokyo, KompasOtomotif – Setelah sukses melahirkan generasi ketiga Outlander dengan teknologi hibrida-listrik plug in (PHEV), kini divisi riset dan pengembangan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menawarkan teknologi alternatif yg selangkah lebih maju.

Mitsubishi seolah mengeluarkan pernyataan tegas, kalau sudah bersiap memasuki babak baru melalui penampilan konsep crossover bertenaga listrik, eX di Tokyo Motor Show, Rabu (28/10/2015).

Presiden MMC Tetsuro Aikawa menyampaikan model ini adalah hasil kemampuan terbaik Mitsubishi merancang SUV. Konsep eX menggabungkan beberapa unsur sistem gerak, berpenggerak segala roda dan bertenaga listrik.

Rancangan bodi mengusung bahasa desain baru Mitsubishi, Dynamic Shield, yg juga digunakan pada Outlander PHEV. Posisi lampu depan dibuat agar gampang dilihat pejalan kaki atau pengemudi mobil lain.

Bagian buritan dikemas elegan bergaya kupe tetapi tak menghilangkan kesan sporty. Aikawa menjelaskan, Mitsubishi ingin menciptakan kesan enerjik dengan penampilan model yg kesannya dipahat dari sesuatu objek besar.

Tanpa pilar B
Konsep eX dibuat tanpa pilar B, pintu depan dan belakang dibuka berhadapan. Rancangan seperti ini menguntungkan untuk penumpang sebab akses masuk ke kabin lebih mudah, selain itu interior semakin luas. Indikator keadaan mobil mampu dilihat di kaca depan melalui fitur Augmented Reality berteknologi komunikasi antar mobil.

Baterai lithium ion sebagai sumber tenaga diletakan di bagian bawah kabin. Aikawa menyampaikan kapasitasnya beberapa kali lebih besar dari baterai yg digunakan umum sekarang.

Febri Ardani/KompasOtomotif SUV berpenggerak empat roda dengan tenaga listrik murni.

Dua motor listrik
Konsep eX milik beberapa motor listrik, masing-masing menggerakan segera kedua roda depan dan belakang. Sistem ini disebut Twin Motor 4WD yg dikawinkan dengan Super All-Wheel Control (S-AWC). Konfigurasi itu membuat bobot eX semakin ringan, jadi daya tempuh sekali baterai terisi penuh mampu mencapai 400 km.

Teknologi yang lain pada eX, dapat mengalkulasi keadaan aman bila pengemudi ingin mendahului kendaraan lain, dan parkir otomatis via integrasi ponsel pintar.

Mitsubishi menyampaikan pengembangan teknologi alternatif adalah bentuk tanggung jawab manufaktur otomotif kepada persoalan lingkungan. Tetsuko juga menyampaikan keunggulan yang lain dari memiliki mobil listrik dan PHEV merupakan mampu digunakan sebagai penyimpan tenaga cadangan di rumah untuk, misalnya, dipakai saat mati lampu. Fungsi ini yg dikatakan membuatnya menguntungkan, bahkan ketika cuma parkir.

“Sebagai manufaktur otomotif, aku yakin bahwa merespon kebutuhan konsumen individu, berarti kita juga harus memenuhi tangggung jawab sebagai bagian dari lingkungan dan komunitas global.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article SUV Tercanggih Mitsubishi Meluncur Di Tokyo

Jumat 13 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Permintaan yg kuat terhadap berbagai produk memberikan hasil positif untuk penjualan Honda di tengah pasar otomotif yg masih kurang gairah. Pada Oktober…

Rabu 18 November 2015 | Berita Otomotif

Milan -Ducati mulai come back ke Indonesia dengan gaya. Soalnya mereka mulai launching semua line up yg baru nongol di Milan ke Indonesia. Motor-motor itu adalah…

Senin 15 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif –  Mobil-mobil low cost and green car (LCGC) masih favorit di Indonesia. Meski bukan yg terbesar, kelas yg kerap disebut “mobil murah” itu…