Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Status Sirkuit Sentul Milik Siapa?

Kamis, Desember 24th 2015.

Jakarta, KompasOtomotif — Balapan MotoGP Indonesia 2017-2019 mulai diselenggarakan di Sirkuit International Sentul di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Mulai April tahun depan, Sirkuit Sentul mulai direnovasi dan ditargetkan rampung pada April 2017.

Dalam merenovasi Sirkuit Sentul, dana yg harus dikeluarkan tak sedikit. Selain menyiapkan uang buat membayar promotor senilai 7 juta euro, pemerintah juga mulai mengucurkan dana 1 juta dollar AS.

Pertanyaan yg muncul adalah, karena Sirkuit Sentul punya swasta, nantinya pemerintah sifatnya membeli atau menyewa?

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Faisal Abdullah menjelaskan, dipilihnya Sirkuit Sentul sebagai tempat berlangsungnya MotoGP Indonesia 2017-2019 karena tak ada lagi sirkuit selain Sentul. Menurut dia, tak mungkin juga membangun sirkuit baru dalam waktu sesuatu tahun.

“Mengenai mekanisme atau statusnya belum ada bentuk yg pasti apakah nantinya itu sewa sirkuit atau bangun serah guna atau guna serah bangun. Ada dua model di dalam penganggaran negara mengenai itu,” ujar Faisal ketika konferensi pers di kantor Kemenpora, Jakarta Selatan, Selasa (22/12/2015) sore.

Rincian baru

Arsitek dan desainer Sirkuit Sentul buat menggelar MotoGP 2017-2019 adalah Hermann Tilke. Ia telah berpengalaman membuat sirkuit internasional di segala dunia.

Perombakan Sirkuit Sentul mulai dimulai dari bangunan-bangunan dan akan Januari seluruh gedung telah rata dengan tanah. Selanjutnya, pada April 2016, aspal mulai dibongkar sedalam 5 cm dan diganti dengan aspal berkualitas tinggi.

Sirkuit Sentul hasil rancangan Tilke ini mulai memiliki panjang lintasan dari 3,9 km menjadi 4,4 km, lebar 15 meter, dan terdapat 14 tikungan. Di sekeliling sirkuit mulai dibangun fasilitas pendukung lainnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Sirkuit Sentul bagi MotoGP

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Status Sirkuit Sentul Milik Siapa?

Kamis 17 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Pertamina mengaku bersiap menyediakan bahan bakar bagi standar emisi Euro4. Bahkan, pihak Pertamina dengan Gabungan Industri Kendaraan Bemotor Indonesia sudah mengunjungi kilang minyak buat bahan…

Minggu 10 Januari 2016 | Berita Otomotif

Bandung, KompasOtomotif – Fino telah menjadi salah sesuatu dari bagian kisah sukses Yamaha di Indonesia. Sejak diluncurkan pertama kali pada 2012 silam, Skutik bertampang stylish…

Minggu 27 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Organisasi Negara-negara Penghasil Minyak (OPEC) memperkirakan hingga tahun 2040 nanti, 94 persen kendaraan mondar-mandir di jalanan masih mulai mengkonsumsi bahan bakar minyak (BBM). Pernyataan ini…