ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Status Diler Ford Di Indonesia Tanpa Kejelasan

Minggu, Februari 28th 2016.

Tangerang, KompasOtomotif – Dampak keputusan Ford Motor Indonesia (FMI) yg bakal menutup operasinya tahun ini sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) memengaruhi nasib diler. Jika FMI mengundurkan diri tanpa ada penggantinya maka segala 44 diler di semua Indonesia tak berhak mengaku berstatus Ford lagi.

Di Tangerang, Minggu (28/2/2016), Nugroho Suharlim, Chief Operating Officer Auto Kencana Group (AK) sebagai salah sesuatu kelompok diler terbesar di Indonesia mengatakan, sistem diler Ford seperti franchise. Bila pemegang hak jual menghentikan statusnya, otomatis operasi bisnis diler tak mampu bergerak.

Kondisi seperti itu juga tentu bakal memengaruhi layanan konsumen berupa servis, suku cadang, dan garansi. Tanpa ATPM berarti konsumen tak milik acuan resmi.  

AK memiliki total 19 diler hasil kerja sama dengan berbagai merek di Indonesia. Porsi paling besar yakni diler Ford sejumlah 10 unit yg tersebar di semua Indonesia, yakni 7 unit di Jakarta, 1 unit di Medan, 1 unit di Rantau, 1 unit di Aceh, dan 3 di papua.

Nugroho bahkan menyampaikan ada sesuatu diler Ford yg telah bersiap beroperasi namun diputuskan tak jadi dibuka karena kondisinya belum jelas.

Keputusan FMI ingin angkat kaki dari Indonesia terasa seperti tanpa persiapan dan terkesan tak milik exit plan yang valid. Nugroho mengungkap tengah ada pembentukan semacam konsorsium perusahaan diler buat mengajukan permintaan ke Ford Asia Pasific agar bisnis purna jual Ford di Indonesia dapat selalu berlanjut.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Status Diler Ford Di Indonesia Tanpa Kejelasan

Senin 25 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Selain dikenal sebagai distributor alat berat, PT United Tractors (UT) sejak 2004 akan merambah ke transportasi barang dan penumpang. Pada segmen itu,…

Kamis 7 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Tata Motors, menjadi satu-satunya merek kendaraan niaga yg ikut dalam Indonesia International Motor Show 2016. Merek yang berasal India ini telah menjelaskan…

Minggu 21 Februari 2016 | Berita Otomotif

Liuzhou – Pabrikan otomotif patungan SAIC, General Motors, dan Wuling (SGMW) mempersilahkan media dari Indonesia -termasuk detikOto – bagi coba Multi Purpose Vehicle (MPV) Wuling…