Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Standar Emisi Euro IV Siap Diteken

Minggu, Maret 6th 2016.


Jakarta, KompasOtomotif
– Setelah menuai banyak permintaan dari para produsen mobil tanah air, Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), akhirnya bersiap meresmikan standar emisi Euro IV tahun ini. Saat ini draft peraturan telah diserahkan kepada biro hukum.

Dasrul Chaniago, Direktur Pengelolaan Udara KLHK mengatakan, penetapan ini seperti yg diharapkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Peraturan menteri ini tentunya mulai melindungi mereka memasarkan produk di dalam negeri.

“Untuk pasar dalam negeri, tentunya dengan peraturan menteri ini, yg mana kita juga mengikutsertakan Pertamina sebagai penyedia bahan bakar minyak (BBM) ketika merumuskan. Mereka (produsen mobil) pastinya tak ingin, saat telah produksi mobil Euro IV tetapi tak laku di sini, karena terkait standar BBM yg tinggi,” ujar Dasrul, Sabtu (5/3/2016).

Dasrul melanjutkan, seandainya kalian masih disibukkan dengan Euro II, maka pasar ekspor mobil Indonesia dapat terpuruk. Pasalnya negara-negara tetangga yg juga pesaing, seperti Malaysia dan Thailand telah Euro IV dan Singapura Euro V.

“Gaikindo juga telah meminta buat menerbitkan Euro IV itu, karena khawatir dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Kalau kalian masih Euro II, tetangga-tetangga kami mulai bergerak dan bisa-bisa  kita tak lagi melakukan ekspor,” ujar Dasrul.

Nantinya, seandainya peraturan Euro IV ditandatangani tahun ini, seperti yg disampaikan Dasrul, mulai berlaku pada 2018, bagi kategori mobil baru (new product). Sementara bagi kendaraan yg sedang berjalan teknologinya ketika ini (current product), baru mampu ikut pada 2020.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Standar Emisi Euro IV Siap Diteken

Jumat 5 Februari 2016 | Berita Otomotif

Ferrari baru saja merilis hasil penjualan dan keuangan bagi tahun 2015 lalu. Seperti yg diharapkan, produksi sudah meningkat dibanding tahun 2014. Tahun 2015, produsen mobil…

Kamis 3 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jenewa – Subaru akhirnya memperkenalkan tampang baru Subaru XV di Geneva Motor Show 2016. Siapa pun yg melihat crossover ini dijamin bakal setuju, kalau desain…

Jumat 4 Desember 2015 | Berita Otomotif

Bogor, KompasOtomotif – Meski di segmen kendaraan multi guna bawah (Low Multi Purpose Vehicle/LMPV) persaingannya cukup ketat, tetapi Toyota Avanza optimis dapat tetap menjadi pemimpin…