Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Sosialisasi “Yellow Box Junction” Masih Kurang

Senin, Maret 7th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Yellow Box Junction (YBJ) sudah digunakan di Indonesia sejak 2010. Tapi boleh jadi hanya segelintir orang saja yg paham harus berbuat apa bila menemukannya.

YBJ adalah garis kuning berupa kotak yg tergambar di aspal. Letaknya di persimpangan, fungsinya memilah kendaraan yg melintas agar arus dahulu lintas tak membuat simpul mati. Aturannya, meskipun lampu telah hijau, kendaraan tak boleh masuk ke YBJ seandainya masih ada kendaraan yang lain yg mengantri.

Peraturannya bagus tetapi seandainya melihat praktik di lapangan, tampaknya tak ada yg peduli. Di jalan-jalan besar yg telah dilengkapi YBJ, mungkin kepatuhan paling top pengendara cuma berhenti sebelum garis batas lampu merah atau di belakang zebra cross.

Menurut Bintarto Agung, Presiden Direktur Indonesia Defensive Driving Center, sosialisasi YBJ kurang menyebar. Jadi, banyak masyarakat yg belum paham gunanya.

“Orang juga ga ngerti, itu kan sebenarnya daerah free kendaraaan diam, Ini bentuk persoalan sosiaslisasi masih kurang,” ujar Bintarto, Sabtu (4/3/2016).

Bintarto menjelaskan, pihak yg paling bertanggung jawab soal atas penyebaran keterangan fungsi dan guna YBJ adalah regulator, yakni departemen perhubungan darat dan petugas yg menjalankan regulasi merupakan kepolisian.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Sosialisasi “Yellow Box Junction” Masih Kurang

Jumat 20 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Bagi otolovers yg penasaran bagaimana tampilan dari Honda BR-V, tidak perlu khawatir. Honda Prosepect Motor menghadirkan prototipe Honda BR-V di Pekanbaru dan Bali. Direktur Marketing…

Kamis 14 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Mulai pertengahan Februari 2016, balapan liar sepeda motor mulai diakomodasi dengan menyediakan tempat khusus di masing-masing wilayah Jakarta. Nantinya, seandainya masih nekat…

Jumat 4 Desember 2015 | Berita Otomotif

Amsterdam, KompasOtomotif – Para pemegang saham di Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akhirnya sepakat bagi melepaskan Ferrari dari naungan perusahaan holding Italia-Amerika itu. Keputusan ini yaitu…