ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Sosialisasi Aturan Baru SIM C Biar Tak Membingungkan

Selasa, Desember 22nd 2015.

Jakarta, KompasOtomotif – Wacana mengelompokkan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) C menjadi tiga kategori berdasarkan kapasitas mesin sepeda motor sebenarnya bukan rencana baru.

Pembagian SIM C telah tertuang dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No 9 Tahun 2012 tentang SIM. Akan tetapi, dianggap tak tersosialisasi dengan baik.

Pada peraturan itu SIM C perseorangan dibagi menjadi tiga jenis, buat pengemudi sepeda motor dengan kisaran kapasitas silinder paling tinggi 250cc, di antara 250cc sampai 750cc, dan 750cc ke atas.

Wacana baru sudah diungkap Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Condro Kirono minggu lalu. Berbeda dengan peraturan itu, pembuatan SIM C tahun depan mulai terbagi menjadi tiga jenis, C bagi sepeda motor dengan kapasitas hingga 250cc, C1 bagi 250cc sampai 500cc, dan C2 buat 500cc ke atas.

Menurut Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), aturan baru bila dijalankan dengan saksama dapat mengurangi potensi terjadinya kecelakaan karena pengendara tak kompeten mengendarai sepeda motor. Meski begitu, ia mengatakan, dalam jangka waktu dekat, aturan baru mampu menimbulkan banyak tafsir.

“Dalam jangka pendek mulai menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat. Namun, seiring perjalanan waktu, aturan ini mampu memilih kompetensi masing-masing sang penunggang berdasarkan kapasitas silinder mesin motornya,” jelas Edo kepada KompasOtomotif, Jumat (18/12/2015).

Sosialisasi

Menurut Edo, pengelompokan SIM C telah pernah dicuatkan pada 2012, tapi tak tersosialisasi dengan baik. Oleh sebab itu, ia menyarankan sosialisasi untuk aturan baru mesti dikerjakan dengan gencar dan tepat sasaran.

“Substansi sosialisasi terkait kepada apa alasan pembedaan SIM C berbasis kapasitas silinder,” ujar Edo.

Secara teknis, aturan ini menuju pada pentingnya kompetensi bagi menunggang motor. Perbedaan kapasitas silinder dan bobot motor membutuhkan kompetensi pengendara yg berbeda.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Sosialisasi Aturan Baru SIM C Biar Tak Membingungkan

Rabu 16 Desember 2015 | Berita Otomotif

Ingolstadt -Mobil Audi R8 V10 Plus dalam bentuk standarnya telah begitu menggoda. Bagaimana kalau mobil dibungkus dengan emas di bodinya? Saat melihat tampilan Audi R8 V10…

Selasa 29 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Rumah pelat nomor yg dapat memendarkan cahaya cukup booming ketika ini. Banyak pemilik mobil baru yg memasang komponen tersebut buat “aksesori wajib”…

Senin 4 April 2016 | Berita Otomotif

New Delhi, KompasOtomotif – Redi-Go yaitu mobil konsep yg pertama kali dipamerkan Datsun di ajang Delhi Auto Expo 2014. Kini, pengembangannya telah rampung dan bersiap…