Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Soal Otomotif, Indonesia Bisa Kalahkan Thailand

Selasa, Maret 8th 2016.

Jakarta -Indonesia perlahan mampu menggantikan Thailand sebagai pusat produksi otomotif penting di ASEAN. Hal ini memiliki implikasi besar untuk produsen dan penyuplai suku cadang otomotif serta pemangku kebijakan di kedua negara.

“Buktinya jelas bahwa dalam hal tren output produksi kendaraan, perkembangan kebijakan, dan perbaikan infrastruktur, Indonesia mulai selalu meningkatkan kapasitas produksi, konsumsi domestik dan volume ekspor sekaligus. Produsen otomotif dan pemangku kebijakan di Indonesia, Thailand dan negara-negara yang lain tentu mulai mempertimbangkan implikasi ini,” ujar Kepala Sektor Otomotif Global di Ipsos Business Consulting  Markus Scherer dalam siaran pers, Selasa (8/3/2016).

Seperti diketahui, ketika ini, Thailand menjadi produsen mobil terbesar di Asia Tenggara dengan volume produksi per tahun sekitar 2 juta unit dibandingkan Indonesia dengan jumlah sekitar 1,1 juta unit di tahun 2015.

Sebagai produsen otomotif terbesar kedua, Indonesia belum bisa mengimbangi Thailand dalam membangun pasar ekspor. Indonesia mengekspor cuma 23% dari produksi domestiknya di tahun 2015, sementara Thailand bisa mengekspor hingga 55%.

Namun, Indonesia telah akan mengejar ketinggalan. Di tahun 2015, kesenjangan produksi antara beberapa negara adalah sekitar 810,000 unit.

Ipsos memprediksi pada tahun 2020, selisihnya diperkirakan mengecil menjadi cuma 465,000 unit.

Agar Indonesia mampu menggantikan Thailand sebagai pusat produksi mobil nomor sesuatu di ASEAN, kesenjangan tersebut harus mampu diatasi dengan dua syarat seperti:

Peningkatan utilitasi pabrik. Di tahun 2015, Indonesia memiliki kapasitas produksi terpasang hingga 2 juta unit kendaraan, namun cuma sekitar 62% yg dimanfaatkan;

Meningkatkan investasi lanjutan hingga US$ 2,6 milyar buat pembuatan pabrik baru atau bagi peningkatan kapasitas pabrik,dengan asumsi tingkat utilisasi tetap sama.
 

(ddn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Soal Otomotif, Indonesia Bisa Kalahkan Thailand

Rabu 3 Februari 2016 | Berita Otomotif

California, KompasOtomotif – Mazda masuk dalam daftar merek mobil yg harus melakukan recall, diumumkan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA)—lembaga yg menangani keselamatan di…

Jumat 4 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -BMW belum mampu memastikan buat tidak mengurangi jumlah diler di Indonesia pada tahun depan. Penambahan diler dikatakan pihak BMW masih melihat situasi ekonomi di Indonesia.…

Senin 7 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta – Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali menggelar Pesta Sahabat Daihatsu. Bertempat di Gedung Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (5/12/2015), acara tahunan yg telah keempat kalinya…