Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Soal Industri Motor Listrik, AISI: 2-3 Tahun Harusnya Sudah Siap

Jumat, Maret 11th 2016.

Jakarta -Indonesia sedang mempersiapkan era penggunaan kendaraan listrik. Persiapan itu tentu membutuhkan waktu apalagi buat memproduksi kendaraan listrik secara lokal di Indonesia.

Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Sigit Kumala mengatakan, industri roda beberapa Indonesia sedang mengarah ke kendaraan ramah lingkungan. Tapi dia menegaskan, sebelum fokus pada motor listrik, masih ada dua hal yg harus dipersiapkan.

“Untuk kesiapan industri kalian dalam proses ke arah sana. Tapi enggak dalam tahun ini, masih butuh waktu lah. Itu kan produksinya regional kan. Jadi enggak mampu akan misalnya Indonesia dahulu enggak, mesti kawasan,” kata Sigit kepada detikOto melalui sambungan telepon, Kamis (10/3/2016).

Terlebih, infrastuktur pendukungnya juga masih dibahas. Untuk menjual kendaraan listrik tentunya harus didukung infrastruktur.

“Kan PLN aja belum mulai. Baru pembahasan mengenai infrastruktur. Itu kan harus disiapin semua,” ujar Sigit.

Namun, Sigit menegaskan, industri sepeda motor nasional harusnya telah bersiap menyongsong era motor listrik. Apalagi, secara kawasan di ASEAN dua merek motor telah menyiapkan motor listrik.

“Mestinya sih siap. Karena secara kawasan, mereka (pabrikan motor) telah siap. Jadi, 2 atau 3 tahun lagi pasti arahnya mulai ke sana. Apalagi pemerintah Thailand mempersiapkan aturan mengenai EV kan. Mestinya begitu. Karena Thailand udah bahas itu dari tahun lalu,” ucap Sigit.

Sementara itu, soal produk motor listrik, kabarnya motor listrik dari Honda yakni EV-Cub direncanakan mulai dijual di Indonesia pada 2018 mendatang. Kerja sama antara Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan Garansindo bagi membuat motor listrik pun telah berjalan.

“Untuk memproduksi motor, pemerintah harus ikut mendorong,” ujar CEO Garansindo Inter Global Muhammad Al Abdullah.

Motor listrik ITS Foto: Grandyos Zafna
Honda EV-Cub

(rgr/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Soal Industri Motor Listrik, AISI: 2-3 Tahun Harusnya Sudah Siap

Jumat 22 Januari 2016 | Berita Otomotif

Yah, lagi-lagi Young Machine kembali membat publik penggila otomotif gempar. Kali ini giliran New Honda CBR1000RR yg kecolongan tampang aslinya. Majalah otomotif Jepang ini memang…

Kamis 17 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Tidak sedikit para pengendara baik motor dan mobil memaksakan diri menerobos jalanan saat banjir. Setelah itu, pengendara wajib membersihkan bagian motor, tidak terkecuali suspensi. Apa…

Jumat 22 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Walau statusnya hanya penunjang, perlahan tetapi pasti Mercedes-Benz Indonesia (MBI) akan menuai hasil dari bisnis mobil bekas (Mobkas) atau yg dinamakan Proven…