Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Skandal Uji Emisi, Perlu Panggil Merek Terkait

Sabtu, April 30th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Skandal kecurangan pengujian emisi kendaraan bermotor, roda empat khususnya, sedang ramai diperbincangkan. Diawali dari merek Volkswagen yg tersangkut persoalan emisi di Amerika, kemudian merambat ke Mitsubishi di Jepang.

Melihat hal tersebut, isu mengenai polusi udara yg dihasilkan dari kendaraan bermotor, sangat detil diperhatikan oleh kebanyakan negara-negara maju.

Namun di Indonesia, hal tersebut belum jadi hal yg dirasa perlu dan menjadi prioritas. Saat ditanya mengenai masalah ini, pihak uji tipe kendaraan bermotor Kementerian Perhubungan menyampaikan belum berkoordinasi dengan merek bersangkutan.

“Saya baca dari media-media, tipe itu tak masuk ke Indonesia. Tapi nampaknya memang perlu dari direktorat kita bagi memanggil pimpinan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) tersebut yg ada di Indonesia.” ujar Dewanto Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor, Kementerian Perhubungan kepada KompasOtomotif, Jumat (29/4/2016).

Melanjutkan pertanyaan, apakah koordinasi dan hubungan dengan ATPM yg sedang tersangkut kasus, telah dikerjakan dan sampai sejauh mana, Dewanto mengaku hal tersebut belum terealisasi. Namun dirinya mengatakan, kalau uji emisi yaitu sesuatu tahap utama dalam uji tipe kendaraan bermotor.

“Uji emisi bagian yang tak terpisahkan dr uji tipe dan sama pentingnya dengan uji-uji yang lain yg yaitu rangkaian dari uji tipe. Bahkan ada merek yg tak lulus uji emisi, dan kita beri kesempatan bagi diuji ulang,” ujar Dewanto.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Skandal Uji Emisi, Perlu Panggil Merek Terkait

Sabtu 31 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Yokohama, KompasOtomotif – Hanya butuh sesuatu tahun setelah reborn ke pasar otomotif global, Datsun berhasil memperlihatkan prestasinya. Merek ketiga Nissan setelah Infiniti ini dilahirkan lagi…

Rabu 16 Desember 2015 | Berita Otomotif

California Utara – Mobil rancangan Joe Harmon ini sangat unik. Bodi mobil sepenuhnya terbuat dari kayu. Untuk penggerak, mobil memakai mesin Chevrolet LS7.Sumber: http://oto.detik.com

Rabu 6 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Produksi sepeda motor di Indonesia memang lebih besar dibanding negara-negara yang lain di Asia Tenggara. Namun, buat ekspor sepeda motor, Thailand lebih unggul dibanding Indonesia.…