ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Siapkah Industri Komponen Indonesia Bersaing Dengan Luar Negeri?

Senin, April 4th 2016.

Jakarta -Beragam merek otomotif telah mendirikan pabrik di Indonesia, yg secara tak segera menandakan industri komponen Indonesia sudah memiliki standar yg mampu dipercaya.

Tapi siapkah kalian bersaing dengan industri komponen dari luar negeri? “Kalau bersaing (dengan komponen luar negeri) tergatung banyak faktor,” ujar Chairman Gabungan Industri Alat-alat Mobil dan Motor (GIAMM), Hadi Rurjadipradja.

Dirinya menuturkan, faktor yg paling menentukan bersiap tidaknya komponen Indonesia bersaing dengan luar negeri. Tidak mulai lepas dari kualitas bahan baku yg dimiliki di Indonesia.

“Salah satunya bahan baku. Bahan baku kami kebanyakan impor, ini kena bea masuk tinggi. Karena kalian tak cuma mengimpor dari ASEAN saja (dari berbagai negara di dunia-Red), jadi harganya tinggi,” katanya.

Namun dirinya mengakui, Industri komponen Indonesia dapat terpuruk karena kebijakan yg kurang tepat dari pemerintah.

“Tapi bagaimana kalian mau bersaing, kalau bahan baku dari ASEAN itu nol persen. Bersaingnya kalian susah, orang lebih memilih buat memakai bahan baku dari luar, padahal Kualitas kalian tak masalah,” ujar Hadi.

(lth/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Siapkah Industri Komponen Indonesia Bersaing Dengan Luar Negeri?

Selasa 5 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Toyota Astra Motor (TAM) memastikan adanya penyesuaian harga jual mobil pada 2016, yg dipengaruhi oleh dua faktor. “Tentunya mulai ada adjustment harga di…

Minggu 27 Maret 2016 | Berita Otomotif

Demonstrasi yg berujung pada kericuhan terjadi di kawasan pusat Jakarta, kemarin. Tidak sedikit laporan dalam bentuk foto dan video memperlihatkan bahwa demo terkait ketidaksetujuan terhadap…

Rabu 20 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Peningkatan penjualan segmen Sport Utility Vehicle (SUV) sangat signifikan. Tak cuma di Indonesia, dua negara pun segmen SUV tengah booming. Direktur Pemasaran dan Layanan Purna…