Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Siapkah Industri Komponen Indonesia Bersaing Dengan Luar Negeri?

Senin, April 4th 2016.

Jakarta -Beragam merek otomotif telah mendirikan pabrik di Indonesia, yg secara tak segera menandakan industri komponen Indonesia sudah memiliki standar yg mampu dipercaya.

Tapi siapkah kalian bersaing dengan industri komponen dari luar negeri? “Kalau bersaing (dengan komponen luar negeri) tergatung banyak faktor,” ujar Chairman Gabungan Industri Alat-alat Mobil dan Motor (GIAMM), Hadi Rurjadipradja.

Dirinya menuturkan, faktor yg paling menentukan bersiap tidaknya komponen Indonesia bersaing dengan luar negeri. Tidak mulai lepas dari kualitas bahan baku yg dimiliki di Indonesia.

“Salah satunya bahan baku. Bahan baku kami kebanyakan impor, ini kena bea masuk tinggi. Karena kalian tak cuma mengimpor dari ASEAN saja (dari berbagai negara di dunia-Red), jadi harganya tinggi,” katanya.

Namun dirinya mengakui, Industri komponen Indonesia dapat terpuruk karena kebijakan yg kurang tepat dari pemerintah.

“Tapi bagaimana kalian mau bersaing, kalau bahan baku dari ASEAN itu nol persen. Bersaingnya kalian susah, orang lebih memilih buat memakai bahan baku dari luar, padahal Kualitas kalian tak masalah,” ujar Hadi.

(lth/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Siapkah Industri Komponen Indonesia Bersaing Dengan Luar Negeri?

Selasa 19 Januari 2016 | Berita Otomotif

Paris -Pemerintah Prancis dikabarkan tengah melakukan penyelidikan terhadap tiga merek mobil yg dipasarkan di negeri itu, yakni Renault, Ford, serta Mercedes. Mereka diduga melakukan kecurangan dalam…

Jumat 4 Desember 2015 | Berita Otomotif

Bogor, KompasOtomotif – Memprediksi pasar otomotif nasional tahun depan masih sama dengan 2015, PT Daihatsu Astra Motor (ADM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Daihatsu…

Jumat 12 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Keputusan PT Mabua Motor Indonesia (Mabua) telah bulat, menutup usaha dan berhenti menjadi agen pemegang merek Harley-Davidson. Keputusan mendadak ini meninggalkan pekerjaan rumah…