Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Siap Serap Komponen Lokal Indonesia, Ini Harapan Wuling Ke Jokowi

Senin, Februari 22nd 2016.

Liuzhou -Pabrikan yang berasal China – SAIC General Motors Wuling (SGMW) – melalui SGMW Indonesia bersiap bersaing di pasar otomotif nasional dengan menggelontorkan mobil berkualitas berkomponen lokal yg tinggi.

Dukungan yg tinggi kepada perusahaan lokal pemasok komponen sangat diharapkan. “Kami cuma berharap pemerintah (Indonesia) buat memberikan dukungan buat perkembangan perusahaan pemasok komponen lokal, serta pengawasan standar kualitas produk yg (mereka) hasilkan,” papar Presiden SGMW Indonesia, Xu Feiyun, di kantor pusat SGMW, Liuzhou City, Guangxi, China, akhir minggu lalu.

“Sehingga, produk kalian juga memiliki kualitas tinggi seperti yg kita rencanakan semula, dan kelangsungan (produksi) terjaga,” katanya.

Feiyun menegaskan pihaknya memiliki komitmen bisnis jangka panjang di Indonesia dengan menggelontorkan Investasi awal senilai US 700 juta dolar. Dengan investasi sebanyak itu, SGMW membangun pabrik di Delta Mas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

“Untuk tahap awal, kandungan komponen lokal mencapai 50 persen. Setelah itu, kalian mulai selalu meningkatkan kandungan lokal tersebut,” paparnya.

Feiyun mengatakan, pihaknya juga berpijak pada filosofi perusahaan yakni mendengar dan melihat kebutuhan serta keinginan konsumen dalam memproduksi mobil di Indonesia.

“Kami tahu, konsumen Indonesia sangat mementingkan kualitas, gaya desain, kenyamanan, dan keamanan mobil. Oleh karena itu, kalian mulai memproduksi mobil yg memenuhi keinginan dan kebutuhan itu. Di sinilah, kelangsungan dan standar kualitas komponen, kita butuhkan. Kami berharap pemerintah memberi dukungan kepada mereka,” tuturnya.

Sementara, Executive Vice President SGMW pusat, Yao Zhuoping, memastikan pihaknya tidak mendapat dan meminta hak-hak istimewa dari pemerintah Indonesia melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Memang, dia mengakui, kebijakan Jokowi yg membuka lebar-lebar buat investasi dari Negeri Tirai Bambu, yaitu sesuatu hal yg menguntungkan buat pihaknya. Sebab, dengan kebijakan seperti itu, maka SGMW dapat masuk dan bersaing di pasar otomotif Indonesia yg dinilainya memiliki potensi yg besar.

Namun, lanjut dia, keuntungan yg diperoleh cuma soal kesempatan saja, bukan hak-hak istimewa atau previledge. “Kami bersaing secara sehat dan fair dengan keunggulan yg kita miliki,” ucapnya.

SGMW yaitu perusahaan patungan antara perusahaan otomotif terbesar di China yakni SAIC dengan porsi saham 50,1 persen, dengan General Motors 44 persen, serta Guangxi Automobile Group atau Liuzhou Wuling dengan porsi kepemilikan saham 5,9 persen.

Melalui SGMW Indonesia, pabrikan itu mulai memproduksi dan menjual MPV pada kuartal keempat 2017. MPV pertama yg dijajakan yaitu low MPV yg memakai basis Wuling Hong Guang, dengan mesin berkapasitas 1.500 cc tiga silinder.

Penyaluran tenaga mesin ke roda memakai transmisi manual lima tingkat percepatan. Hanya, hinggga kini SGMW Indonesia belum bersedia menyebut kisaran harga MPV Wuling yg bakal dipasarkannya tersebut. (arf/lth)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Siap Serap Komponen Lokal Indonesia, Ini Harapan Wuling Ke Jokowi

Sabtu 9 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Suzuki Ertiga tipe termewah, yakni Dreza dan Dreza GS telah resmi dijual di Indonesia. Tital terdapat emoat tipe berbeda dengan banderol, Rp…

Rabu 30 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Selama beberapa tahun di Indonesia, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) lebih fokus bersaing di segmen kendaraan komersial ketimbang penumpang (passenger). Komitmen ini…

Selasa 5 April 2016 | Berita Otomotif

Bogor, KompasOtomotif – All New Suzuki Satria F150 dengan teknologi injekasi baru saja diluncurkan pada 16 Februari 2016. Padahal kabar kehadirannya telah ramai diperbincangkan pada…