Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Shock Yang Baik Itu Belum Tentu Empuk

Kamis, Januari 7th 2016.

Jakarta -Banyak yg beranggapan shock yg bagus itu yg memiliki tingkat fleksibel yg empuk dan lunak. Eits, tetapi jangan salah! Asumsi ini belum tentu benar.

“Shock absorber adalah perangkat kunci mekanik yg berfungsi buat menyerap dampak, mengurangi goyang dan getaran. Shock absorber menolong meredam gerakan naik dan turun dari kendaraan, sehingga ban tetap bersentuhan dengan permukaan jalan ketika bergerak,” ujar Marketing Communiaction 1 Station, Deky Arjuna Prasetya, Rabu (6/1/2016).

“Dan fungsi lainnya ialah buat mengurangi getaran dan berat memantul bagi bagian kendaraan yg tak didukung oleh pegas, seperti roda, as roda, rem, dan lain-lain,” tambahnya.

Deky pun mencoba menerangkan jenis-jenis shock apa saja yg ada di pasaran ketika ini. Seperti shock bertipe hidrolik, gas, dan ganda.

“Untuk tipe Hydrolic, ini yaitu model konvensional, model ini banyak dipakai pengendara ketika ini. Kekuatan peredam kejut macam ini diperoleh dari ketersediaan minyak (oli). Selanjutnya di dalam tabung pada macam hidrolik ni terjadi karena ada proses kalibrasi,” katanya.

“Proses kalibrasi inilah, yg memberi kenyamanan dan pengendalian laju yg lebih baik,” katanya.

Selanjutnya bagi shock bertipe gas, lanjut Deky. Tipe ini memiliki sistem kerja yg sama dengan tipe hidrolik. Perbedaannya terletak pada pangkal shock absorbers yg terdapat nitrogen dengan tekanan tinggi.

“Untuk mencegah pencampuran antara minyak dan gas di tipe ini maka diberi pembatas. Namun tipe ini memiliki kelebihan mampu disetting tingkat kekerasan dan kelembutannya,” ujar Deky.

“Dan bagi shock bertipe ganda, macam baru ini adalah pengembangan dari kedua model sebelumnya. Melalui test dan penelitian, tipe ganda ini dapat memberikan keseimbangan dan kestabilan pada beberapa sisi bodi,” ujarnya. (lth/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Shock Yang Baik Itu Belum Tentu Empuk

Senin 21 Desember 2015 | Berita Otomotif

Bologna -Kabar mengejutkan tiba dari Lamborghini. CEO Lamborghini Stephan Winkelmann dikabarkan mulai lengser. Winkelmann mulai digantikan oleh mantan kepala tim Formula 1 Ferrari, Stefano Domenicali. Padahal…

Senin 7 Desember 2015 | Berita Otomotif

Karawang -PT Chemco Harapan Nusantara akan tahun depan mulai akan memasarkan pelek mobil after market. Lahirnya pelek Made In Karawang ini dimaksudkan agar dapat bersaing dengan…

Rabu 18 November 2015 | Berita Otomotif

Di ajang EICMA 2015 yg dihelat di Milan, Italia, Suzuki sudah memperlihatkan sebuah prototipe atau konsep bagi motor terbarunya dengan nama GSX-R1000. Sayangnya tak banyak…