ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Serba-serbi Kaki-kaki Mobil

Senin, Desember 14th 2015.

Jakarta -Musim penghujan sudah tiba, di jalan Anda pun kerap menemui genangan air, yg entah itu dalam atau tidak. Terkadang, Anda buru-buru dalam mengemudikan mobil karena telah terlambat atau memang tak dapat lagi ditunda, sehingga genangan tersebut pun Anda hantam saja tanpa memperhitungkan seberapa dalam genangan tersebut. Itulah yg dapat merusak kaki-kaki mobil Anda karena terjangan keras tersebut.

Jika jalanan mulus di depan mata Anda, tak persoalan seandainya melaju dengan kecepatan tinggi, tapi seandainya jalanan berlubang atau bergelombang, itu yg mampu menyebabkan kerusakan pada kaki-kaki mobil Anda.

Jika Anda kerap melakukan hal tersebut pada mobil Anda, biasanya kerusakan bushing rack steer yang robek. Terutama pada mobil-mobil yg telah mengaplikasikan power steering. Sebaliknya, pada mobil-mobil yg belum menerapkan electric power steering, tak mulai mendapati kerusakan pada bagian ini.

Sudah sewajarnya seandainya melewati jalan bergelombang, berlubang atau pun genangan air yg bahkan tak kelihatan seberapa besar dalam atau lubangnya, sebaiknya langsung kurangi kecepatan, lebih baik berkendara pelan-pelan sehingga sektor kaki-kaki pada mobil Anda mulai tetap awet.

Gejala rack steer rusak ditandai dengan munculnya bunyi-bunyi dari kaki-kaki. Apabila dibiarkan dan mobil tidak jarang melewati genangan air, bushing rack steer yg robek dapat membuat air merembes ke dalam. Jika terjadi demikian, mampu membuat as dibaliknya berkarat.

Jika bushing rack steer rusak, kemudian diservis mampu memakan biaya Rp 1.5 juta. Apabila as telah berkarat dan rumahnya tergerus mau tak mau harus diganti semua bagian. Jika dibandingkan dengan mengganti secara keseluruhan bagian shockbreaker, menyervis pada bagian rack steer mampu dikatakan lebih murah.

Kerusakan pada rack steer itu tak dapat diganti sesuatu sisi. Jika diperbaiki, kiri dan kanan harus diganti.

Foto: Dadan Kuswaraharja
Foto: Dadan Kuswaraharja

(ddn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Serba-serbi Kaki-kaki Mobil

Sabtu 21 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta – Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 pada Agustus lalu, BMW Group Indonesia resmi launching BMW 218i Gran Tourer. Mobil kompak…

Minggu 3 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – DKI Jakarta bakal kedapatan 8 unit bus tingkat baru hibah dari Agung Sedayu Group. Salah sesuatu unit buatan karoseri PT Mekar Armada…

Minggu 8 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Selain fitur berlimpah dan modern serta harga relatif mahal, salah sesuatu ciri mobil mewah yakni tersedianya sunroof, moonroof atau panoramic roof. Bagi…