ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Semua Aksesori Wajib Memenuhi Persyaratan Ini

Selasa, Oktober 27th 2015.


Jakarta, KompasOtomotif
– Rumor mulai adanya razia barang tak memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) membuat sejumlah pedagang resah termasuk penjual aksesori otomotif. Para padagang itu merasa resah karena belum mengetahui standar atau ketentuan SNI yg ditetapkan pemerintah dan mencakup apa saja.

Direktur Jendral Standarisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kementerian Perdagangan Widodo menjelaskan, bagi industri otomotif, barang yg telah memiliki label SNI antara lain, ban, pelek, aki, helm hingga lembaran kaca. Barang-barang selain itu belum ditetapkan SNI.

“Selain barang tersebut, nantinya mulai mengacu kepada peraturan Menteri Perdagangan nomor 73 tahun 2015 yg mulai mewajibkan setiap barang memiliki label dalam bahasa Indonesia,” ujar Widodo ketika dihubungi KompasOtomotif melalui sambungan telepon, Senin (26/10/2015).

Dalam Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor 73/M-DAG/PER/9/2015 pasal beberapa ayat sesuatu dan beberapa menyebutkan, Pelaku usaha yg memproduksi atau mengimpor barang bagi diperdagangkan di pasar dalam negeri wajib mencantumkan label dalam bahasa Indonesia dan kewajiban mencantumkan label dalam bahasa Indonesia sebagaimana dimaksud dikerjakan oleh produsen bagi barang produksi dalam negeri dan importir buat barang yang berasal impor.

Pada pasal beberapa dan ayat tiga dijelaskan, buat industri otomotif tercantum pada lampiran III yg menyebutkan barang keperluan kendaraan bermotor (suku cadang dan lainnya).

“Nantinya kami mulai sosialisasikan terlebih dahulu kepada segala masyarakat,” kata Widodo.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Semua Aksesori Wajib Memenuhi Persyaratan Ini

Sabtu 16 Januari 2016 | Berita Otomotif

Kuala Lumpur -Seiring berkembangnya zaman, para wanita modern semakin dapat mengeksplor diri. Mereka dapat menggali potensi-potensi di dalam diri walaupun terkadang hal tersebut tak pernah terpikirkan…

Sabtu 30 April 2016 | Berita Otomotif

New Delhi, KompasOtomotif – Maruti Suzuki India Limited (MSIL) di India berencana memperluas kerjasama perusahaan dengan memperluas cakupan pasar. Perusahaan gabungan andara Maruti dan Suzuki…

Selasa 3 November 2015 | Berita Otomotif

Tokyo -Kawasaki sudah menjual Kawasaki Ninja 300 versi terbaru di sejumlah negara pada awal tahun ini. Kini di ajang Tokyo Motor Show 2015, pabrikan motor yang…