Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Semakin Berasa Indonesia, Pemasok Komponen Fortuner Bertambah

Selasa, Januari 26th 2016.

Karawang -Versi terbaru Toyota Fortuner terbaru yg baru diluncurkan Toyota memiliki kandungan lokal hingga 75 persen. Seiring dengan peningkatan itu, jumlah perusahaan pemasok pun meningkat dari 107 perusahaan menjadi 123 perusahaan.

“Jadi keterlibatan pemasok lokal maupun penyerapan tenaga kerja di Indonesia oleh Toyota melalui produksi Fortuner juga terjadi,” tutur Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono, di sela-sela kunjungan pabrik Fortuner terbaru di Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/1/2016).

Menurutnya, komitmen bagi meningkatkan kandungan lokal yaitu tekad Toyota buat menjadikan Indonesia sebagai basis produksi mobil buatannya, dan bukan pasar semata. Terlebih sebagian dari produk yg dihasilkan juga diekspor ke berbagai negara.

Warih mengatakan, pihaknya juga tak sekadar menyerap produk pemasok saja, tapi juga menjalin hubungan bisnis secara berkesinambungan. Untuk itu, lanjut dia, soal kualitas produk yg dihasilkan pemasok juga menjadi fokus TMMIN.

“Kami mendedikasikan sesuatu fungsi khusus yg berfungsi buat membagi pengetahuan dan pengalaman kita kepada para pemasok lokal, dan buat tahap awal pemasok lapis pertama,” ujarnya.

Pengalaman yg dibagi bukan sekadar isu produksi tapi juga isu manajemen ketenagakerjaan, keselamatan, serta transfer keahlian. Setidaknya 90 ahli sistem produksi Toyota dan 18 Master Trainers yg dimiliki pemasok lokal lapis pertama dikembangkan bersama.

“Nah mereka itu kemudian menularkan pengetahuan yg mereka bisa ke pemasok-pemasok mereka. Jadi berbagi pengalaman dan pengetahuan secara berantai,” papar Warih.

Sementara menyinggung peningkatan kandungan lokal di All New Fortuner dari 60 menjadi 75 persen, menurut Warih yaitu bagian dari upaya Toyota bagi turut serta mengembangkan industri otomotif di Indonesia.

“Untuk itu kalian bermitra dengan pemasok agar mampu bersama-sama tumbuh dan meningkatkan kualitas bagi memenuhi kebutuhan pelanggan.Kami minta pemasok lapis pertama buat berbagi pengalaman dan melakukan asistensi buat pemasok yang lain lapis beberapa dan tiga sehingga ada efek domino,” imbuhnya.

Foto: Toyota Astra Motor
Foto: Toyota Astra Motor
Foto: Niken Purnamasari
Foto: Niken Purnamasari
Foto: Niken Purnamasari
Foto: Niken Purnamasari

(arf/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Semakin Berasa Indonesia, Pemasok Komponen Fortuner Bertambah

Minggu 6 Desember 2015 | Berita Otomotif

Tokyo, KompasOtomotif – Selain isu terbesar pergantian ban dari Bridgestone ke Michelin, hal menarik yang lain pada musim 2016 nanti adalah keputusan Yamaha yg akan…

Kamis 29 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Jakarta – Mitsubishi menargetkan penjualan sebanyak 250 unit mobil dari beragam macam dalam pameran otomotif Jakarta Auto Show (JAS) 2015 yg digelar 28 Oktober sampai…

Jumat 19 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Lima produk unggulan Honda menerima penghargaan buat loyalitas pelanggan terbaik dalam ajang Net Promoter Customer Loyalty Award 2016 yg digelar oleh Majalah SWA…