Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Selalu Perhatikan Kondisi Oli Mobil Anda

Kamis, Maret 10th 2016.

Jakarta -Oli pada mobil sangat lah vital perannya. Untuk itu, sangat utama buat memeriksa oli pada kendaraan secara berkala.

Pertama, pastikan mesin mobil dalam kondisi mati dan tak panas. Bila baru mematikan mesin, tunggu dua menit bagi memastikan oli mobil dalam kondisi dingin dan oli telah menetap di bagian bawah bak penampung oli.

Kemudian, buka kap mesin. Pastikan kap benar-benar terbuka lebar dan kokoh di posisinya. Pastikan kendaraan pada permukaan yg datar.
Lalu, buka tutup oli control ambil dipstik dan bersihkan memakai lap. Masukkan ke lubang oil control.

Dipstick biasanya terhubung ke tangki minyak di mesin, dan digunakan bagi menentukan berapa banyak minyak masih dalam tangki minyak.
Untuk memeriksa hal tersebut, pastikan dipstik dalam kondisi bersih. Kebanyakan dipstick kadang terletak di dekat bagian depan mesin mobil.

Masukkan kembali dipstick ke lubang kontrol oli. Hati-hati ketika menempatkan dipstick kembali ke pipa terhubung ke tangki minyak. Dorong segala ke bawah sampai benar-benar dimasukkan kembali.

Memang dirasa hal kecil, namun, hal tersebut mampu menentukan kapan oli tersebut mulai diganti.

Setiap kendaraan harus mengganti oli secara berkala, entah dibawa ke bengkel ataupun mengganti sendiri.

Jika ingin mengganti oli sendiri, letakkan kendaraan anda pada tempat yg lebih tinggi dan posisinya harus sejajar antara depan dan belakang (tidak boleh miring).

Kemudian, buka kap mesin dan lepaskan penutup tempat pengisian oli, agar ketika oli dibuang atau dikeluarkan atau dikuras mampu mengalir dengan lancar.

Lalu, siapkan sebuah wadah buat menampung oli bekas, lepaskan baut penutup di mesin bagian bawah mesin dengan memakai kunci offside.
Yang perlu diperhatikan adalah pada baut tersebut terdapat sebuah ring atau gasket, pastikan kondisinya dalam kondisi baik, seandainya rusak sebaiknya diganti dengan yg baru.

Selepas oli bekas terkuras habis tutup kembali tempat oli, perhatikan saat pemasangan baut jangan sampai miring, karena mulai berakibat kebocoran atau oli mulai rembes.

Setelah baut terpasang dengan baik dan benar, masukkan oli mesin yg baru sesuai dengan spesifikasi mesin mobil Anda.

Untuk mengetahui jumlah oli mesin yg baru tersebut jumlahnya telah cukup atau tidak, hidupkan mobil Anda dua ketika dahulu matikan, cabut stik oli yg ada di sebelah kiri mesin bagian atas, apabila cairan oli menyentuh titik bagian atas berarti jumlahnya cukup dan sebaliknya.

Setelah mesin di hidupkan, periksa bagian bawah mesin, pastikan tak ada oli mesin yg menetes di bagian baut tempat pembuangan oli atau pengurasan.

Satu hal yg perlu diketahui adalah pekerjaan ini sebaiknya dikerjakan ketika keadaan mesin dalam kondisi panas, karena pada ketika panas oli mesin dalam kondisi lebih encer dibandingkan dengan keadaan dingin, sehingga kotoran yg terlarut pada oli gampang mengalir keluar. (lth/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Selalu Perhatikan Kondisi Oli Mobil Anda

Selasa 15 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Para pelaku industri otomotif nasional harus menelan pil pahit tahun ini. Kondisi pasar yg lesu membuat sejumlah prediksi patah, gelombang pesimistis bermunculan,…

Rabu 2 Desember 2015 | Berita Otomotif

Kehidupan ini sangat indah. Tak seluruh perjalanan hidup manusia berjalan dengan mulus. Tentu banyak rintangan dan hambatan dalam meraihnya. Kuncinya adalah kesabaran, keteguhan hati, memiliki…

Selasa 3 November 2015 | Berita Otomotif

Sosok Datsun Go-cross Concept diperlihatkan Datsun dengan bentuk buat memancing pasar baru buat merek mereka. Nama yg bernaung di bawah Nissan ini memakai platform yg…