Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Saingi Toyota Mirai, Honda Mulai Pasarkan Clarity

Kamis, Maret 10th 2016.

Tokyo -Honda resmi launching mobil bertenaga hidrogen di Jepang. Mobil yg disebut Clarity Fuel Cell itu bakal menyaingi Mirai punya Toyota.

Mobil berkapasitas lima orang penumpang tersebut yaitu bagian dari promosi negara Jepang buat kendaraan ‘hijau’ atau ramah lingkungan. Ditargetkan, mobil berbahan bakar hidrogen tersebut bisa terjual 200 unit per tahun di Jepang.

Presiden Honda Takahiro Hachigo memiliki harapan tinggi pada mobil bertenaga hidrogen. Apalagi dengan perubahan iklim pada ketika ini yg membuat pabrikan mobil harus berpikir terkait bahan bakar dengan energi terbarukan.

“Kami percaya kendaraan berbahan bakar hidrogen mampu menjadi alternatif dari bahan bakar bensin bagi mobilitas. Selain itu juga berkaitan dengan perubahan iklim,” kata Takahiro di Nikkei.

Honda Fuel Cell Vehicle dapat menempuh jarak 750 kilometer dengan isi tangki penuh. Waktu pengisian bagi tangki hidrogen tersebut memakan waktu sekitar tiga menit. Harga yg dipasarkan buat mobil berbahan bakar hidrogen tersebut sekitar Rp 875 juta.

Sedan menawan ini hadir berawal dari kepedulian dan keresahan Honda mulai isu-isu pemanasan global dan penipisan bahan bakar fosil. Hingga kemudian, Honda pun meneliti potensi hidrogen sebagai bahan bakar kendaraan di masa depan.

Clarity Fuel Cell mempunyai panjang 4,895 mm, lebar 1,875 mm, dan tinggi 1,475 mm. Hebatnya, pengisian ulang hidrogen diklaim dapat dikerjakan dalam waktu 3 menit saja.

Alat yg dipakai buat mengisi tenaga mobil tersebut, yakni Power Exporter 9000, bersifat portable, jadi dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga buat kondisi darurat semisal bencana alam.

Untuk tahun pertama penjualannya, Honda mulai fokus menjual Clarity ke pemerintah lokal atau konsumen bisnis yg telah bekerja sama sebelumnya dalam mempopulerkan FCV.  Honda mulai akan memproduksi mobil ini dalam jumlah kecil di Takanezawa-maichi, Shioya-gun, Tochigi, Jepang.

Saat ini, Jepang memang tengah serius menggarap bahan bakar hidrogen sebagai alternatif buat energi. Utamanya bagi menyambut Olimpiade yg berlangsung pada 2020.

Tantangan seperti infrastruktur serta stasiun pengisian bahan bakar hidrogen, menjadi hal utama yg harus diperhatikan buat mengembangkan mobil tersebut.

Setelah Jepang, Honda juga mulai memasarkan mobil tersebut di wilayah Amerika Serikat dan Eropa pada akhir 2016 mendatang.

Spek Honda Clarity Fuel Cell
Tenaga: 130 kW/4.501-9.028 rpm 
Torsi maksimum: 300 Nm/0-3.500 rpm
Baterai: ion lithium
Tipe sel bahan bakar: Polymer electrolyte fuel cell (PEFC) dengan output maksimum 103 kW
Tangki: 141 liter dengan tekanan 70 mPA
Bobot: 1.890 kg
Warna:
‐Premium Brilliant Garnet Metallic (Roof color: Black / Interior color: Platinum Gray)
‐White Orchid Pearl (Roof color: Black / Interior color: Platinum Gray)
‐Crystal Black Pearl (Interior color: Platinum Gray)

Foto: Herianto Barbara
Foto: Herianto Barbara

(nkn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Saingi Toyota Mirai, Honda Mulai Pasarkan Clarity

Rabu 2 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jenewa – Ketangguhan Mercedes-AMG GT S jelas tak perlu diragukan lagi, bayangkan saja mesin yg ditawarkan produsen Jerman ini memiliki tenaga hingga 503 Hp. Tapi…

Rabu 13 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Pebalap Indonesia, Rafid Topan Sucipto bakal kembali berlaga dalam kejuaraan Moto2 European Championship di sirkuit De Valencia, Spanyol pada 17 April mendatang. Berlaganya Rafid di…

Selasa 15 Desember 2015 | Berita Otomotif

London -Yamaha sudah memperbarui motor gede (moge) sport turing, FJR1300 dan diperkenalkan di Motorcycle Live Show, Birmingham NEC. Motor ini memiliki lampu depan yg canggih dengan…