ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Saingi Google, Baidu Mulai Uji Mobil Otonom

Minggu, Desember 13th 2015.

Beijing -Akhir-akhir ini, Google sedang serius meneliti dan mengembangkan mobil otonom. Perusahaan teknologi yang berasal China pesain Google pun berniat mengembangkan teknologi mobil otonom.

Pernyataan resmi Baidu yg dilansir Gizmag, Minggu (13/12/2015), setelah mengikuti Google dalam pengembangan kacamata pintar, Baidu kini juga tertarik dengan mobil otonom. Perusahaan yang berasal China itu sudah berhasil menguji mobil otonom pada keadaan jalan yg beragam. Mereka mengklaim bahwa pengujian ini adalah pertama kalinya di China.

“Kendaraan otonom sepenuhnya dalam keadaan jalan campuran adalah tantangan universal, dengan kompleksitas lebih tinggi oleh keadaan jalan Beijing dan perilaku pengemudi tidak terduga,” kata Wakil Presiden Senior Baidu dan General Manager Unit Bisnis Kendaraan Otonom Baidu, Wang Jing.

Baidu memakai BMW Seri 3 yg sudah dimodifikasi buat pengujian. Mobil itu memakai teknologi mengemudi otonom “AutoBrain”. Hal itu termasuk pemetaan HAD (highly automated driving) buat merekam data jalan 3 dimensi dalam dua sentimeter akurasi posisi kendaraan.

Baidu mengatakan, teknologi ini diharapkan mampu memetakan sebagian besar jalan China dalam waktu lima sampai sepuluh tahun.

Selain itu, kendaraan Baidu memiliki teknologi positioning, pendeteksi pengambil keputusan serta kontrol yg cerdas. Pengenalan obyek dan lingkungan memungkinkan mobil buat mendeteksi, mengenali dan mengikuti kendaraan lain, mengenal jalur jalan serta mengukur jarak dan kecepatan.

Sejauh ini, pengujian sudah dikerjakan pada jalanan sejauh 30 km, akan dari markas Baidu di Beijing melalui jalan raya G7, Fifth Ring Road, Olympic Park hingga kembali lagi ke Baidu.

Tes ini bagi pengujian kemampuan kendaraan bagi menjalankan serangkaian tindakan dan respons terhadap lingkungan sekitar. Pengujian ini termasuk belok ke kanan-kiri, U-turn, pengereman saat terdeteksi ada kendaraan di depan, perpindahan jalur, menyalip kendaraan yang lain serta bergaung dengan dahulu lintas di China. Mobil ini bahkan mencapai kecepatan hingga 100 km/jam ketika tes. (rgr/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Saingi Google, Baidu Mulai Uji Mobil Otonom

Senin 21 Maret 2016 | Berita Otomotif

London -Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) tercepat keluaran Land Rover, Range Rover Sport RVR dilaporkan mulai memiliki mesin yg lebih dahsyat lagi. Saat ini, Range Rover…

Minggu 17 Januari 2016 | Berita Otomotif

Baru dirilis, Acura kini mengeluarkan sebuah ikaln yg menampilkan kendaraan terbarunya. Apa lagi kalau bukan Acura Precision. Acura Precision yaitu mobil dengan tampilan sangar yg…

Kamis 17 Desember 2015 | Berita Otomotif

Stuttgart -Cara unik dikerjakan oleh Mercedes-Benz sebagai strategi bagi memasarkan produk mereka merupakan lewat game. Kali ini, produsen mobil yang berasal Jerman itu menggandeng perusahaan konsol…